Merry Salouw, Perempuan Gerindra untuk Kota Kupang

Merry Salouw saat mendaftar sebagai balon Wali Kota Kupang ditemani Ketua Tidar NTT, Richard Odja, berkas pendaftaran Merry Salouw diterima langsung oleh Ketua Bapilu DPC Gerindra Kota Kupang, Nino Sarmento dan Sekretaris DPC Gerindra Kota Kupang Isidorus Lilijawa / foto: Gorby Rumung

EXPONTT.COM, KUPANG – Maria Salouw resmi mendaftarkan diri sebagai bakal calon Wali Kota Kupang 2024-2029 di Partai Gerindra Kota Kupang.

Politikus perempuan yang telah menjadi kader Partai Gerindra selama 16 tahun ini resmi mendaftar ke DPC Partai Gerindra Kota Kupang, Senin, 13 Mei 2024.

Merry Salouw menjadi figur perempuan kedua yang mendaftarkan ke Partai Gerindra sebagai bakal calon Wali Kota Kupang setelah Serena Francis yang juga telah mendaftar.

Baca juga: Ini Hasil Lengkap RUPS Bank NTT, Komisaris Hingga Direktur Diganti

Anggota DPRD Kota Kupang 2014-2019 ini datang mendaftar sebagai bakal calon Wali Kota Kupang ditemani Ketua Tidar Provinsi NTT, Richard Odja dan disambut oleh Ketua Bapilu DPC Gerindra Kota Kupang, Nino Sarmento dan Sekretaris DPC Gerindra Kota Kupang, Isidorus Lilijawa.

Perempuan yang akrab disapa Merry ini dalam kesempatannya mengatakan ingin membuat Kota Kupang yang romantis dalam keberagaman untuk membangun Kota Kupang.

“Kota Kupang itu harus kita bikin romantis, karena semua yang ada di Kota Kupang itu ada dari berbagai suku dan agama, maka kita hadir untuk menyatukan,” ungkap Merry.

Baca juga: Mengapa Izack Rihi Dan Alex Riwu Kaho Dipecat, Ini Dia Masalahnya

Bendahara DPC Gerindra Kota Kupang ini juga meminta dukungan warga Kota Kupang agar di Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) 2024 figur-figur perempuan bisa ikut mengambil bagian sebagai calon pemimpin Kota Kupang.

Diketahui sejak Kota Kupang berdiri 28 tahun lalu, Kota Kupang belum pernah memiliki pemimpin perempuan. Bahkan belum pernah ada calon wali kota maupun wakil wali kota dari kalangan perempuan.

Baca juga: Perempuan di Pilkada Kota Kupang, Geser Dominasi Pria

Merry mengaku telah berkomunikasi dengan partai politik lain untuk proses menuju calon Wali Kota Kupang. “Dengan PKB saya sudah lakukan komunikasi dan mendapatkan respon, tapi semua tentu ada mekanismenya,” tambahnya.

Sebelumnya sejumlah postingan pasangan Merry Salouw dan Ketua PKB Kota Kupang, Walde Taek juga sempat viral sebagai pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kupang.

Meski merupakan bagian dari Partai Gerindra, Merry menegaskan akan menghormati proses dan keputusan Partai Gerindra terkait siapa yang akan diusung sebagai Calon Wali Kota Kupang 2024-2029.

Dukungan Tidar NTT dan Kaum Milenial

Sementara itu, Tidar NTT yang merupakan organisasi sayap Partai Gerindra menyatakan siap mendukung setiap calon yang akan diusung Partai Gerindra ke Pilkada Kota Kupang 2024.

Baca juga: Merry Salouw Hingga Serena Francis, Ini Kader Gerindra Kota Kupang yang Diusulkan Maju ke Pilwakot 2024

Dirinya menyebut, dengan terpilihnya Prabowo Subianto sebagai presiden akan membuka akses program dari anggaran nasional bisa berjalan baik di Kota Kupang.

“Sehingga mau bicara program apapun di Kota Kupang, kami di Gerindra punya akses itu. Sehingga kami yakin bukan hanya memenangkan kontestasi pemilu legislatif, tetapi juga pemilu eksekutif,” ujarnya.

Ketua Tidar NTT, Richard Odja, menyebut Merry Salouw sebagai sosok yang menjadi panutan Tidar NTT dan dirinya secara pribadi sebagai seorang politikus dari kaum milenial.

“Beliau adalah panutan saya, ada hal yang saya dan juga kaum milenial telah lihat bahwa ada sosok perempuan yang sudah berjuang dalam politik,” ungkap Anggota DPRD Kota Kupang ini.

Richard mengaku telah banyak belajar dari Merry Salouw dalam politik dengan telah memberikan rumah bagi milenial untuk berkontribusi dalam dunia politik, dalah satunya adalah dirinya.

Ketua Bapilu DPC Gerindra Kota Kupang, Nino Sarmento, mengatakan, Merry Salouw menjadi salah satu dari tiga kader Gerindra yang mendaftar sebagi bakal calon Wali Kota Kupang 2024-2029. Selain Merry, terdapat nama Isidorus Lilijawa dan Serena Francis yang juga ikut mendaftar.

Sementara untuk pendaftar dari eksternal partai telah terdapat dua pendaftar bakal calon Wali Kota Kupang, yakni, Alex Foenay dan dr Christian Widodo.

Baca juga: Perempuan di Pilkada Kota Kupang, Geser Dominasi Pria