Inayah Ulandari Jadi Jamaah Haji Termuda dari Kota Kupang Tahun 2024

Tengah: Inayah Ulandari (22) jadi Jamaah Haji termuda dari Kota Kupang / foto: PKP

EXPONTT.COM, KUPANG – Pemerintah Kota Kupang, secara resmi melepas keberangkatan jamaah haji dari Kota Kupang tahun 2024, Senin, 27 Mei 2024. Acara pelepasan jamaah haji dilaksanakan di Kantor Wali Kota Kupang.

Inayah Ulandari menjadi Jamaah Haji termuda dari Kota Kupang. Wanita 22 tahun ini menjadi yang termuda dari 196 Jamaah Haji yang akan berangkat dari Kota Kupang tahun 2024. Sementara Jamaah Haji tertua dari Kota Kupang bernama Sultani Bandu berusia 80 tahun.

196 jamaah haji yang berangkat dari Kota Kupang ini akan bergabung dengan 499 jamaah haji asal daerah Nusa Tenggara Timur (NTT) lainnya.

Baca juga: Pemprov NTT Gelontorkan Rp 57 Miliar untuk Turunkan Stunting di Tahun 2024

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Kupang, Antonius Nggaa Rua, menjelaskan, Jemaah Haji yang tergabung dalam kloter 78 tersebut akan diberangkatkan melalui Embarkasi Surabaya.

“Sebanyak 196 jemaah haji akan berkumpul di Asrama Haji lalu menuju Bandara El Tari pada pagi hari tanggal 31 Mei 2024. Mereka akan terbang ke Surabaya dengan pesawat Lion Air, tiba di Surabaya mereka akan transit di Hotel Khas Surabaya, sebelum masuk ke Asrama Haji Embarkasi Surabaya pada 1 Juni 2024,”

Baru pada tanggal 2 Juni 2024, lanjut Antonius, mereka akan diberangkatkan ke Tanah Suci dan akan pulang kembali Kota Kupang tanggal 16 Juli 2024.

Baca juga:Jonas Salean dan Jefri Riwu Kore Bakal Calon Walikota Kupang Akan Bersaing Ketat

“Jemaah Haji telah dibekali dengan berbagai hal terkait ibadah haji melalui Pra Manasik Haji selama empat bulan dan Manasik Haji selama 10 hari yang di selenggarakan oleh Kantor Kementrian Agama,” jelasnya.

Sementara itu, Penjabat Sekda Kota Kupang, Ade Manafe yang mewakili Penjabat Wali Kota Kupang melepas secara resmi 196 Jamaah Haji Kota Kupang, dalam kesempatannya, mengimbau para Jamaah Haji agar menghormati segala bentuk aturan, hukum serta adat istiadat di negara Arab Saudi sebagai tempat pelaksanaan ibadah haji.

Dirinya juga berharap setiap Jamaah Haji untuk selalu menjaga kesehatan fisik dan mental karena pelaksanaan ibadah haji yang memakan waktu yang cukup lama.

Baca juga:Safari Politik ke Flores, Jane Natalia Suryanto Temui Masyarakat Hingga Uskup Maumere

Ade Manafe juga mendoakan semua Jamaah Haji agar sukses dan lancar menjalankan syariat agama dan kembali dengan selamat untuk membaktikan diri bagi agama dan kemajuan bangsa dan negara.

Acara pelepasan Jamaah Haji Kota Kupang dihadiri Kapolresta Kupang Kota, Kombes Pol. Aldinan Manurung, yang mewakili Komandan Kodim 1604 Kupang, para Staf Ahli Wali Kota dan Asisten Sekda Kota Kupang, para Pimpinan Perangkat Daerah Kota Kupang, Ketua MUI Kota Kupang, H. Muhammad MS, para Camat se-Kota Kupang, Perwakilan dari Dharma Wanita Persatuan Kota Kupang dan Tim Penggerak PKK Kota Kupang.♦PKP

Baca juga:Pilgub NTT 2024: Peluang Koalisi Golkar-PSI dan Pasangan Melki Laka Lena-Jane Natalia Suryanto