Pemkot Kupang Akan Punya Labkesda, Dibangun Tahun Ini

Kadis Kesehatan Kota Kupang, drg. Retnowati / foto: Gorby Rumung

EXPONTT.COM, KUPANG – Kota Kupang tahun 2024 ini akan segera memiliki Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) dengan standar Biosafety Level-2 (BSL-2).

Laboratorium yang dibangun dengan anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) dari Kementerian Kesehatan sebesar Rp.6 miliar nantinya akan melayani pasien dengan berbagai layanan pemeriksaan kesehatan.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Kupang, drg. Retnowati menjelaskan, Labkesda yang rencananya akan dibangun di Jalan Veteran Kota Kupang ini merupakan pengembangan dari UPTD laboratorium Lingkungan milik Pemerintah Kota Kupang yang sudah ada sebelumnya.

Baca juga: Siapa yang Akan Terima Rekomendasi PKB untuk Pilkada Kota Kupang? 

“UPTD Laboratorium ini sebelumnya hanya melakukan pemeriksaan terhadap makanan siap saji dan air minum, kita kembangkan jadi Laboratorium Kesehatan Daerah. Sehingga nantinya akan ada layanan pemeriksaan lainnya termasuk untuk pasien,” jelasnya saat diwawancarai ExpoNTT, Rabu, 12 Juni 2024.

Dirinya mengatakan, dengan labkesda ini masyarakat menjadi memiliki lebih banyak opsi dalam pemeriksaan kesehatan dan juga akan berdampak pada pendapatan asli daerah (PAD) Kota Kupang.

Baca juga: 10 Stadion di Jerman yang Jadi Tuan Rumah Euro 2024

Selain Labkesda, lanjut drg Retno, Pemerintah Kota Kupang melalui Dinas Kesehatan juga tengah membangun Regional Maintenance Center (RMC).

RMC merupakan unit yang melakukan uji fungsi dan perbaikan peralatan kesehatan.

“Sudah ada civitasi dari Dirjen Pelayanan Kesehatan Kemenkes terkait izinnya dan masih ada yang perlu dilengkapi, termasuk tenaga teknis yang profesional,” jelasnya.

Baca juga: Fakta Unik Albart, Maskot Euro 2024 yang Terinspirasi dari Kesukaan Anak-Anak Jerman

drg Retnowati meyakini, dengan adanya RMC, nantinya juga akan menjadi sumber PAD Kota Kupang.

“Karena kita bisa kerja sama dengan rumah sakit yang ada di Kota Kupang dan fasilitas kesehatan di kabupaten lainnya, karena di kabupaten-kabupaten belum ada,” jelasnya.♦gor

Baca juga: Laiskodat Dukung Josef Nae Soi Gubernur NTT, Berpeluang Gandeng Emy Nomleni