Pilwalkot Kupang: Golkar-Hanura Berpeluang Koalisi Usung Jonas-Alo

Jonas Salean saat mendaftar ke Partai Hanura, diterima Sekretaris DPD Hanura NTT, Elias Koa, Senin, 24 Juni 2024 / foto: Gorby Rumung

EXPONTT.COM, KUPANG – Pasangan Jonas Salean dan Alo Sukardan secara resmi mendaftar ke Partai Hanura sebagai bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kupang 2024-2029, Senin 24 Juni 2024.

Jonas Salean dan Alo Sukardan menjadi pendaftar terakhir di Partai Hanura sebagai pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kupang.

Jonas Salean mengatakan, dengan modal lima kursi yang dimiliki Partai Golkar dan Hanura tiga kursi di legislatif, dirinya optimis koalisi bersama Hanura bisa terwujud.

Baca juga: Walikota Kupang Jonas Salean Dipuja jamin hak beragama di Kota Kupang

“Kita optimis Golkar koalisi dengan Hanura,” kata Ketua Golkar Kota Kupang ini.

Baca juga:  Gedung DPRD Kabupaten Kupang yang Dirusak OTK Ternyata Tak Punya CCTV dan Regu Keamanan

Sementara itu, Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Hanura Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Rafafi Gah mengatakan, partainya dengan senang hati menerima Jonas Salean dan Alo Sukardan yang nota bene telah memiliki bekal lima kursi legislatif.

“Kita harus ambil langkah kalau ada yang datang membawa partai koalisi. Supaya kita jangan ‘mati kartu ditangan’,” ungkapnya.

Baca juga: Bidik Medali di PON 2024, Tim Futsal NTT Berencana TC di Thailand, Minta Dukungan KONI dan Pemprov

Refafi mengatakan, secara kriteria, pasangan Jonas-Alo dengan lima kursi milik Partai Golkar akan menjadi koalisi yang komplit menuju Pilkada Kota Kupang jika Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Hanura menerima.

Baca juga:  Membludak, Warga Kolhua Kota Kupang Antusias Ikut PIN Polio 2024

Dirinya menuturkan, Jonas Salean mendaftar sekaligus menjalani fit and proper test sebagai bakal calon Wali Kota Kupang di hari yang sama.

Meski begitu, dirinya menegaskan semua keputusan berada di tangan DPP Hanura terkait siapa yang akan diusung ke Pilkada Kota Kupang. “Bukan kita (DPD) yang tentukan, kita fasilitasi sampai kesana (DPP) untuk berproses,” jelasnya.

Baca juga:  Dirjampelkes BPJS Apresiasi Mall Pelayanan Publik Kota Kupang

Diketahui DPP Hanura telah mengeluarkan sebanyak 56 rekomendasi untuk bakal calon kepala daerah se-NTT saat ini. Refafi mengatakan, rekomendasi tersebut digunakan untuk mencari dukungan dsri partai koalisi. “Kalau partai koalisi sudah genap pintunya datang dan akan kita serahkan SK,” pungkasnya.♦gor

Baca juga: Menuju PON 2024: George Hadjoh Bentuk Karakter Atlet Kempo NTT, “Peduli Sesama Itu Penting”