Kunjungi Ngada, Gubernur NTT Tinjau Langsung Pengerjaan Jalan Provinsi

gubernur ntt
Kunjungi Ngada, Gubernur NTT Tinjau Langsung Pengerjaan Jalan Provinsi

EXPONTT.COM – Gubernur NTT Viktor Laiskodat dalam kunjungan kerjanya di daratan Flores yang telah dilaksanakan sejak 7 April 2022, menyempatkan diri melakukan peninjauan langsung pengerjaan sejumlah ruas jalan provinsi di beberapa titik di Pulau Flores.

Dalam kunjungan kerjanya pada hari ke-7 di Kabupaten Ngada pada Rabu 13 April 2022, Gubernur meninjau langsung pengerjaan ruas jalan Bajawa-Poma sepanjang 6,8 kilometer dengan pagu anggaran sebesar Rp.12,7 miliar dari dana pinjaman daerah PT. Sarana Multi Infrastruktur (PT. SMI).

Ruas jalan tersebut mulai dikerjakan pada bulan Oktober 2021 dan ditargetkan selesai pada bulan Mei 2022.

Baca juga: Dua Warga Kota Kupang Dikeroyok 9 Pria, 1 Orang Meninggal Dunia

Total ruas jalan yang dikerjakan di Kabupaten Ngada sebanyak 6 ruas jalan dengan panjang 38,94 km dengan total anggaran Rp. 71,9 miliar.

Ruas jalan Provinsi yang sedang dikerjakan tersebut meliputi diantaranya ruas jalan Bajawa-Poma dengan panjang 6,8 km, ruas jalan Poma-Mboras (Riung) 9,36 km, Mbazang-Wae Pana 8,11 km, Mboras (Riung)-Danga 7,7 km, Waiklambu Riung-Mboras 3,12 km, dan terakhir ruas jalan Malanuza-Maumbawa sepanjang 3,80 km.

Total secara keseluruhan pengerjaan jalan oleh Dinas PUPR Provinsi NTT di 9 kabupaten sedaratan Flores adalah sepanjang 180,57 km melalui dana pinjaman daerah PT. SMI tahun 2021-2022.

Baca juga: Ini Identitas 18 Korban Meninggal dari Kecelakaan Truk Maut di Manokwari

Pada kesempatan terpisah Gubernur Viktor menjelaskan bahwa untuk melaksanakan pembangunan di NTT, tidak bisa hanya bergantung pada dana transfer pusat baik dalam bentuk Dana Alokasi Umum (DAU) maupun Dana Alokasi Khusus (DAK).

Pembangunan infrastruktur berupa jalan, dan juga jembatan, embung dan air bersih dari dana pinjaman tersebut, harap Gubernur Laiskodat, tentunya akan sangat berguna dan dapat membantu masyarakat Nusa Tenggara Timur sehingga menjadi bagian stimulus pembangunan ekonomi provinsi.

Baca juga: 18 Jenazah Korban Kecelakaan Maut di Manokwari Dijadwalkan Tiba di Kupang Siang Ini

“Harapan saya 6 ruas jalan yang sedang dikerjakan tersebut selesai pada tahun ini sehingga tentu akan memberikan dampak yang signifikan bagi peningkatan ekonomi masyarakat Kabupaten Ngada,” ucap Gubernur Viktor.

Lebih lanjut Ia pun menerangkan dengan pembangunan dan peningkatan infrastruktur tersebut, maka segala produk pertanian mampu dimanfaatkan dan dipasarkan secara maksimal.

Selain itu juga dapat membuka akses dan meningkatkan akomodasi ke daerah-daerah yang memiliki potensi untuk mendukung pembangunan dan pengembangan pariwisata yang ada di Kabupaten Ngada.(Biro AP/MI)

Baca juga: 18 Jenazah Warga NTT Korban Kecelakaan Maut di Manokwari Tiba di Kupang