5 Mei 2002: Juara Serie A Italia Paling Bersejarah, Inter Milan, Roma Dan Juventus

Juara Serie A Paling Bersejarah
Tidak ada penggemar Inter Milan yang dapat membayangkan apa yang terjadi pada sore tanggal 5 Mei 2002 saat itu. Laga terakhir Ronaldo dengan Nerazzurri berakhir dengan cara yang paling buruk.

EXPONTT.COM – Tanggal 5 Mei 2002 akan menjadi kenangan paling bersejarah bagi sepakbola Italia dan fans Serie A Italia. Bagaimana tidak, tragedi bagi Inter Milan dan pencapaian yang tak terduga bagi Juventus itu terjadi di pertandingan pekan terakhir kompetisi.

Juara Serie A Paling Bersejarah. Bisa dikatakan kesuksesan Juventus meraih scudetto pada 2002 menjadi yang paling dramatis dalam sejarah Serie A.

Tepat 14 tahun silam. Juventus, Internazionale dan AS Roma menjadi calon kandidat juaranya.

Saat itu Inter Milan yang berada di peringkat pertama dengan 69  poin dengan Juventus yang berada di posisi kedua dengan seilisih 1 poin dan AS Roma yang memiliki selisih 2 poin di posisi ketiga.

Baca juga: 4 Mei 1949: Tragedi Superga, Tragedi Kelam Dalam Sepakbola

Inter menjadi favorit juara dengan para pemain bintangnya kala itu, termasuk di antaranya Ronaldo, Christian Vieri dan Alvaro Recoba. Sementara Roma berstatus sebagai juara bertahan dengan pemain andalan mereka Antonio Cassano dan Gabriel Batistuta yang kala itu sedang meroket bersama tim Ibu Kota Roma.

Sedangkan Juventus tanpa Zinedine Zidane dan Filippo Inzaghi yang sudah dijual pada akhir musim sebelumnya, namun mereka sukses mendatangkan nama-nama seperti Gianluigi Buffon, Lilian Thuram dan Pavel Nedved serta sang pelatih Marcello Lippi.

Setelah menjalani drama di sejumlah laga sebelumnya, termasuk sanksi larangan memimpin pertandingan untuk Pierluigi Collina yang melibatkan tiga tim tersebut, puncaknya terjadi pada 5 Mei, di mana ketiga tim terartas klasemen kala itu Inter Milan, Juventus dan Roma melakoni laga tandang.