Tingkatkan Sumber Daya Wasit, AFP NTT Gelar Coaching Clinic Referee

Tingkatkan Sumber Daya Wasit, AFP NTT Gelar Coaching Clinic Referee / foto: Gorby Rumung

EXPONTT.COM, KUPANG – Dalam rangka meningkatkan sumber daya wasit futsal di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Asosiasi Futsal Provinsi (AFP) NTT, menggelar Coaching Clinic Wasit Futsal Provinsi NTT tahun 2023.

Kegiatan yang digelar di Hotel Greenia Kupang itu diadakan selama tiga hari, Rabu 5 Juli 2023 hingga Jumat 7 Juli 2023 mendatang.

Dalam coaching clinik itu, AFP NTT menghadirkan pemateri seorang wasit kondang Indonesia, Ahmad Suparman dengan materi-materi level II.

Baca juga: AFP NTT Genjot Pembinaan Atlet Usia Dini, Tingkat SMP Hingga Perguruan Tinggi

Kegiatan diikuti 28 wasit dari 8 kabupaten/kota di NTT, diantaranya, Kota Kupang, Timor Tengah Utara (TTU), Timor Tengah Selatan (TTS), Sabu Raijua, Lembata, Ende, Nagekeo dan sumba Barat Daya.

Ketua AFP NTT, Jimmy Sianto dalam acara pembukaan menyebut, dengan coaching clinic ini para wasit di NTT akan menaikan levelnya.

Jimmy mengungkapkan, dunia futsal NTT saat ini masih sangat kekurangan wasit. “Kita masih membutuhkan banyak wasit dan kita harapkan setiap kabupaten/kota memiliki wasitnya. Saat ini Kota Kupang, setiap minggu itu pasti ada turnamennya. Jadi memang permintaan wasit di seluruh NTT meningkat, bahkan beberapa turnamen harus dipending karena kekurangan wasit,” ungkapnya.

Baca juga: Bina Bibit Futsal Sejak Dini, AFP NTT Gandeng SMAN 5 Kupang Seleksi PPDB Jalur Prestasi Futsal

Dirinya juga mengucapkan terima kasih kepada Asosiasi Sepakbola Provinsi (Asprov) NTT yang telah memberikan dukungan dan energi positif untuk futsal NTT.

“Asprov NTT di bawah kepemimpinan Chris Mboeik dan wakil Ridwan Angsar telah memberikan dukungan yang luar biasa. Dan bukan sekarang ini, di event-event dan momen-momen lainya,”ucap Jimmy.

Dirinya berharap, dengan usaha-usaha dan dukungan Asprov, NTT bisa menjadi tuan rumah Pra PON 2024 mendatang. “Permohonan kita sudah masuk ke federasi, ke PSSI dan KONI Pusat yang saat ini sudah di komunikasi. Dalam waktu dekat tim dari pusat akan turun dan melakukan survei terhadap venue,” katanya.

Baca juga: AFP NTT Ikut Bidding Jadi Tuan Rumah Pra PON 2023 Cabor Futsal

Selain untuk mengembangkan futsal NTT dan meningkatkan sumber daya wasit, coaching clinic dilaksanakan dengan tujuan untuk mendapat pengakuan tentang legalitas dalam memimpin pertandingan futsal tingkat lokal atau daerah serta meningkatkan kemampuan para wasit di NTT dalam memahami dan menerapkan pertaruran permainan futsal dalam turnamen lokal di NTT sesuai dengan ‘Law of The Game’ yang berlaku saat ini.

Wakil Ketua Asprov NTT, Ridwan Angsar yang membuka secara resmi Coaching Clinic Wasit Futsal Provinsi NTT tahun 2023, meminta para peserta memanfaatkan dengan baik kesempatan dalam coaching clinic yang diselenggarakan AFP NTT dengan sebaik-baiknya. “Ilmu yang didapatkan digunakan untuk memajukan futsal di NTT,” katanya.

Dirinya menyebut kemajuan futsal NTT juga bergantung pada para wasit yang memimpin setiap pertandingan di daerah. “Futsal di NTT tidak lepas dari andil kalian, ikuti dengan serius dan laksanakan setelah kalian dapat ilmunya,”

Baca juga: AFP NTT Umumkan Hasil Seleksi Pemain Pra PON 2023 Cabor Futsal, Simak Daftarnya

Dirinya selaku Wakil Ketua Asprov NTT berterima kasih kepada Jimmy Sianto yang telah memberikan kontribusi besar terhadap kemajuan dunia futsal dan sepakbola NTT. “kegiatan futsal maupun sepakbola selalu berjalan dan selalu mendatangkan atlit dan pelatih terbaik,” ungkapnya.

Beliau yang telah meloloskan tim cabang olahraga sepakbola di PON 2021 lalu,” tambah Ridwan.

Dirinya berharap, para wasit yang mengikuti coaching clinic bisa memberikan manfaat bagi NTT dengan materi-materi yang diberikan oleh Ahmad Suparman. “Ilmu yang didapatkan tolong dimanfaatkan, supaya saat memimpin pertandingan tidak ada kekeliruan,” pungkas Ridwan Angsar.♦gor

Baca juga: 3 Sosok Ini Berpeluang Gantikan Penjabat Wali Kota Kupang George Hadjoh, Siapa Saja?

Ikuti berita dari EXPONTT.com di Google News