Menuju PON 2024: George Hadjoh Bentuk Karakter Atlet Kempo NTT, “Peduli Sesama Itu Penting”

George Hadjoh saat makan siang bersama di pemukiman pemulung. Seorang anak nampak nyaman berada disamping George Hadjoh sambil menikmati makanannya / foto: Gorby Rumung

EXPONTT.COM, KUPANG – Ketua Umum Pengurus Provinsi (Pengprov) Persaudaraan Shorinji Kempo Indonesia (PERKEMI) Nusa Tenggara Timur (NTT), Sensei George Hadjoh, bersama 33 atlet Kempo yang akan berlaga di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 Aceh-Sumatera Utara menyambangi kawasan pemukiman pemulung Kota Kupang, Sabtu, 22 Juni 2024.

Kedatangan tim Kempo NTT ke pemukiman yang terletak di bilangan Kelapa Lima itu untuk berbagi dengan para pemulung. Para atlet menyerahkan bantuan berupa sembako kepada para pemulung.

Kegiatan ini bukan yang pertama kali dilakukan para atlet Kempo NTT, sebelumnya para atlet ini juga telah menyambangi berbagai lokasi, seperti panti asuhan.

Baca juga: George Hadjoh Banyak Belajar dari Viktor Laiskodat

Sensei George Hadjoh, mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari pembentukan karakter seorang atlet kempo yang juga bagian dari masyarakat untuk memiliki kepedulian terhadap sesama.

“Ini bagian dari pembentukan karakter para atlet. Pembentukan karakter mental dan fisik sebagai seorang atlet sudah, karakter mental untuk peduli dengan sesama juga harus dilatih,” ungkapnya saat diwawancarai disela kegiatan.

“Jadi selain berprestasi mereka juga punya kepedulian terhadap sesama, itu yang paling penting. Mereka (atlet) tidak boleh merasa eksklusif mereka harus inklusif, menyatu dengan sesama,” tambah Penjabat Wali Kota Kupang 2022-2023 ini.

Baca juga: George Hadjoh, Pemimpin Tegas

Selain menyerahkan sembako, George Hadjoh bersama para atlet juga makan siang bersama di lokasi tersebut.

George Hadjoh mengatakan, dalam kehidupan bersama di Kota Kupang tidak ada perbedaan satu sama lain. “Kita semua adalah bagian dari ciptaan Tuhan yang serupa dengan Allah. Bila kita diberkati, kita harus ingat dengan sesama dan itu dinyatakan dalam perbuatan” jelasnya.

Dirinya berharap apa yang telah ia mulai dengan para pengurus Kempo NTT lakukan hari-hari ini di masa depan bisa dilanjutkan oleh para penerus, yakni para atlet.

Para atlet Kempo NTT saat menyerahkan bingkisan sembako kepada para pemulung, Sabtu, 22 Juni 2024. Para atlet ini akan berlaga mewakili NTT di PON XXI 2024 Aceh-Sumut / foto: Gorby Rumung

“Suatu saat saya dan pengurus tidak ada lagi, maka mereka sudah bisa melanjutkan ini dengan hati yang peduli dengan sesama. Itu yang paling penting,” ungkap Kepala Dinas dan Pemuda Olahraga Provinsi NTT ini.

Diketahui Kempo NTT akan mengirim sebanyak 33 atlet ke PON XXI 2024 Aceh-Sumut. Jumlah ini menjadikan Kempo sebagai cabang olahraga (cabor) dari NTT dengan atlet terbanyak.

NTT juga menjadi pengirim kontingen terbanyak pada cabor kempo dibandingkan provinsi lain di PON Aceh-Sumut 2024 yang akan digelar pada Agustus 2024 mendatang.

Baca juga: Pilgub NTT 2024: Gaya Politik Pelayanan Jane Natalia Suryanto Tuai Dukungan Warga Sumba

Sementara itu, Imanuel Tabun selaku Koordinator Pemulung, mengucapkan terima kepada Kempo NTT, khususnya kepada George Hadjoh yang telah datang menyambangi dan berbagi berkat kepada warga di lokasi tersebut.

“Kami berterima kasih Tuhan menjamah hati untuk mengingat saudara-saudara disini,” ungkapnya.

Diketahui di pemukiman tersebut terdapat 22 kepala keluarga (KK) dengan jumlah warga lebih dari 120 orang.

Imanuel mendoakan George Hadjoh bersama seluruh atlet kempo NTT yang akan berlaga di PON diberikan kekuatan sehingga bisa berprestasi dan membawa kebanggaan untuk NTT. “Semoga Tuhan memberikan kekuatan, sukacita dan kebahagiaan bagi seluruh tim sehingga pulang dengan ucapan syukur,” pungkasnya.♦gor

Baca juga: George Hadjoh Banyak Belajar dari Viktor Laiskodat