Tiga Srikandi SMPK Frateran Ndao Lolos KSN Tahap 2 Ke Tingkat Nasional

Dari kiri Maria Cantika Putri Fia, Yulita Anastasia Rosario Laru Seran dan Melsha Febriana Hanky.

Oleh: Fr. M. Yohanes Berchmans, Bhk, M. Pd

Ka SMPK Frateran Ndao

 

TIGA srikandi peserta didik terbaik SMPK Frateran Ndao, lolos ke tingkat Nasional dalam ajang lomba KSN (Kompetisi Sains Nasional) tahap 2, yang digelar tanggal 11 oktober 2021. Ada tiga (3) bidang lomba dalam KSN ini, yakni IPA, IPS dan MATEMATIKA. Dan untuk masuk babak final di tingkat Nasional, harus melalui dua tahap yang harus dilewati, yaitu tahap 1 dan tahap 2, yang diikuti oleh semua propinsi. Pada KSN tahap 1, SMPK Frateran mengirim 9 peserta didik untuk tiga (3) bidang lomba, dan yang lolos ketahap 2 adalah 8 orang. Mereka yang lolos ketahap 2 adalah (1) Yulita Anastasia Rosario Laru Seran; (2) Maria Viona Ngura Wasa; (3) Maria Cantika Putri Via untuk bidang IPA. Untuk bidang IPS, yang lolos 3 orang, mereka adalah (1) Melsha Febriana Hanky; (2) Maria Jessica Putri Jade; (3) Stefania Nataline Ga’a Paji. Sedangkan untuk bidang MATEMATIKA, yang lolos 2 orang. Mereka adalah (1) Alfonso Josua Tanjung; (2) De Jesus Mesias Daga Sara Bhato. Perlu kami sampaikan bahwa yang lolos tahap 1 ke tahap 2 adalah, sekitar 3000 an peserta. Dan setelah lomba untuk tahap 2 yang yang digelar tanggal 11 oktober 2021, dan hasilnya telah kami terima tanggal 20 oktober 2021, melalui Surat Keputusan Kepala Pusat Prestasi Nasional Sekretariat Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, No. 2458/J3/DM.01.03/2021, Tentang PENETAPAN PESERTA KOMPETISI SAINS NASIONAL (KSN) TINGKAT NASIONAL JENJANG SEKOLAH MENENGAH PERTAMA TAHUN 2021, maka yang lolos ke tingkat Nasional hanya tersisa 3 orang dari SMPK Frateran Ndao dari 8 peserta didik. Dan mereka yang lolos ke tingkat Nasional adalah untuk bidang IPA lolos: 2 orang, yaitu (1) Maria Cantika Putri Fia (kelas IX); (2) Yulita Anastasia Rosario Laru Seran (kelas IX). Dan bidang IPS yang lolos hanya: 1 orang, yakni Melsha Febriana Hanky (kelas VIII). Sedangkan untuk MATEMATKA, kedua peserta gagal.

Oleh karena itu, saya memberikan apresiasi atau penghargaan yang setinggi-tingginya kepada peserta didik yang lolos ke tingkat Nasional. Dari Sekarang mereka telah mempersiapkan diri, dengan mempelajari dan mengembangkan materi sesuai dengan silabus KSN. Saya juga telah meminta ketiganya dan juga kepada ibu/bapak guru pendamping agar lebih fokus menatap di final KSN, sebab lebih kompetitif pastinya. Dan peserta yang lolos tahap 2 ke tingkat Nasional dari semua propinsi hanya tersisa 245 orang, untuk tiga bidang lomba. Itu artinya tiap bidang lomba tersisa rata-rata 82 peserta. Dari 82 peserta tiap bidang lomba mereka memperebutkan juara 1 (Gold), 2 (Silver) dan 3 (Bronze). Semakin ke final semakin berat perjuangan mereka, namun kita berharap agar ketiganya bisa mengharumkan nama SMPK FRATERAN NDAO, KABUPATEN ENDE DAN PROPINSI NTT. Dan terimakasih kepada ibu Maltidis Mensi Tiwe, selaku kepala dinas pendidikan kabupaten Ende, beserta jajarannya yang telah mensupport secara langsung bertemu dengan ketiga srikandi SMPK Frateran Ndao, saat sebelum lomba dan setelah lomba KSN.

Kepada yang gagal tetap semangat, sebab masih ada kesempatan di waktu-waktu yang mendatang. Oleh karena itu, belajarlah dari kegagalan sebab kegagalan itu adalah guru yang baik. Kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda.

Akhirnya, kepada ketiga srikandi SMPK Frateran Ndao saya memberikan pesan secara khusus bahwa mereka bukan hanya mewakili SMPK Frateran Ndao, melainkan mewakili kabupaten Ende dan bersama teman-teman dari kabupaten lain di Flores, khususnya maumere adalah juga mewakili propinsi NTT. Oleh karena itu, sekali lagi saya meminta mereka agar lebih fokus persiapan untuk final KSN yang bergensi ini. Untuk itu saya mohon dukungan dan doa dari masyakat kabupaten Ende dan NTT umumnya agar ketiganya dapat memberikan yang terbaik di tingkat Nasional.

Selamat berjuang, Cantika, Tasya dan Melsha, ingatlah Motto SMPK Frateran Ndao “Korban Jiwaku, Prestasi Nafasku, semoga dapat terwujd!!!. ♦