Opini  

Dimana Dasar Penyampaian Laba Bank NTT Meningkat?

Bank NTT / foto: istimewa

Oleh: Eddy Ngganggus

EXPONTT.COM – Bank NTT merilis bahwa ada kenaikan laba, tidak tanggung-tanggung kenaikan laba sebebsar 99,35%.

Wah luar biasa, namun pertanyaannya dimana laporan yang mencantumkan ada kenaikan laba yang di maksud? berapa banyak kenaikan itu? pada periode mana?

Karena di website bank NTT www.bpdntt.co.id di sajikan peroleh laba sejak tahun 2020 tersaji seperti pada tabel 1 di bawah ini .

Hal ini perlu kami sanggah, karena belum ada data tertulis yang mendukung pernyataan DIRUT bank NTT tersebut. Mari sama-sama kita simak data pada tabel 1 di atas.

Yang tampak justru ada penurunan laba dari bulan November tahun 2022 ke bulan Nopember tahun 2023.

Baca juga: Kasi Penkum Kejati NTT Akui Kesalahan Penyampaian Pernyataan Terkait Kasus MTN Bank NTT

Laba turun sebesar 59% atau Rp 159 miliar 090 juta. Jumlah penurunan yang sangat besar.

Jangankan dengan tahun 2022, dibandingkan dengan tahun 2020 saja laba bulan Nopember tahun ini saja lebih kecil, yakni turun Rp 97 miliar 216 juta atau turun sekitar 46.7% .

Pernyataan jujur harus di sampaikan oleh Direksi agar informasi yang di sampaikan ke publik adalah informasi berdasarkan data yang di muat pada website resmi Bank NTT.

Baca juga: Operator Motor Sampah di Kota Kupang Ngaku Enggan Gunakan Motor Listrik

Berikut perkembangan laba sejak bulan November tahun 2020 hingga Nopember tahun 2023.

Di 4 tahun terakhir ini yakni November 2023 adalah perolehan laba yang paling kecil. Seperti tertera pada grafik di bawah ini.

Baca juga: Pemuda di Adonara-Flores Timur Ditemukan Tewas Tertancap Tombak

Harap ada diskusi cerdas dari bank NTT dengan publik terhadap kebenaran penyampaian kinerja laba bank NTT di bulan November 2023 ini.

Pertentangan informasi berdasarkan data yang ada pada website bank NTT yakni www.bpdntt.co.id dengan pernyataan lain pada media masa bisa masuk dalam kategori pembohongan.

Risiko reputasi bank akan terpuruk bila hal itu terjadi. Jangan sampai ada inkonsistensi informasi seperti ini .

Direktur kepatuhan bank NTT mestinya bisa mengklarifikasi informasi ini sebelum di publikasikan untuk memastikan informasi yang di sajikan ke publik adalah informasi berdasarkan data yang sudah pasti kebenarannya.(*)

Baca juga: Laba Bank NTT Hingga November 2023 Masih Terpuruk