Pemprov NTT Sediakan Bus Wisata Gratis Rute Kupang-Pantai Liman PP

Pemprov NTT Sediakan Bus Wisata Gratis Rute Kupang-Pantai Liman PP
Pemprov NTT Sediakan Bus Wisata Gratis Rute Kupang-Pantai Liman PP / foto: pikiran-rakyat.com

EXPONTT.COM – Pemerintah Provinsi NTT menyediakan bus gratis yang melayani rute Terminal Oebobo Kota Kupang – Pantai Liman pulang-pergi (PP).

Viktor Laiskodat, dalam postingan di akun instagram-nya @viktorbungtilulaiskodat, mengatakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTT telah menyiapkan dua unit bus pariwisata milik Perum Damri untuk melayani rute Kupang-Pantai Liman. Dua unit bus ini beroperasi setiap hari Sabtu dan Minggu.

“Dua unit bus yang disiapkan Pemprov NTT melalui Dinas Perhubungan Provinsi NTT ini sudah mulai beroperasi hari Sabtu kemarin tanggal 23 April 2022, dan hanya beroperasi hari Sabtu dan Minggu, GRATIS,” ujar Gubernur Viktor Bungtilu Laiskodat dikutip dari akun Instagramnya.

Baca juga:Kelimutu Moni, Kawasan Wisata Utama

Pengadaan bus gratis yang melayani Kupang-Pantai Liman ini bertujuan untuk memudahkan wisatawan yang ingin menikmati keindahan Pantai Liman dan Pulau Semau yang tak diragukan lagi keindahannya.

Gubernur Viktor berpesan agar para wisatawan yang mengunjungi Pantai Liman untuk selalu menjaga kebersihan.

“Jangan lupa tetap jaga kebersihan Pantai Liman dengan membuang sampah pada tempat sampah yang disediakan ya,” kata mantan anggota DPR RI tersebut.

“Happy travelling while save our earth together,” katanya dalam Bahasa Inggris.

Baca juga:Bakar Petasan Hingga Berkemah, Ini 6 Aktivitas yang Dilarang Dilakukan di Taman Nasional Komodo

Bus yang disiapkan memiliki daya angkut penumpang 19 orang, dengan jadwal keberangkatan setiap hari Sabtu dan Minggu pada pukul 06.00 WITA dari Terminal Oebobo Kota Kupang dan akan kembali keesokan harinya pada pukul 17.00 WITA.

“Jadi hari Sabtu dioperasikan satu bus yang berangkat pukul 06.00 WITA dan akan bermalam di Liman. Kemudian hari Minggu jam yang sama satu bus lagi ke sana dan akan kembali (ke) Kupang pukul 17.00 WITA,” ujar Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Nusa Tenggara Timur, Isyak Nuka, dikutip dari Antara, Selasa 26 April 2022.

Bus tersebut akan menyeberang ke Pulau Semau menggunakan kapal feri, dengan rute Pelabuhan Bolok – Pelabuhan Hansisi.

Baca juga:Wisatawan yang Hendak Kunjungi Taman Nasional Komodo Wajib Tunjukan Surat Sehat

Isyak menambahkan, bus tersebut gratis karena telah disubsidi pemerintah melalui Program Angkutan Umum Bersubsidi Tahun Anggaran 2022. Program tersebut diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke Pantai Liman.

“Jadi wisatawan domestik maupun mancanegara punya pilihan atau alternatif moda transportasi massal untuk mencapai destinasi wisata,” ujarnya. Sebagai informasi, Pantai Liman merupakan salah satu tempat wisata di Pulau Semau, Kabupaten Kupang. Selain itu, ada pula tempat wisata lain yang bisa dikunjungi di pulau yang sama, salah satunya Pantai Otan.

Pantai Liman adalah salah satu obyek wisata top di Provinsi NTT yang mulai ramai dikunjungi wisatawan beberapa tahun belakangan. Pantai dengan hamparan pasir putih yang begitu indah secara administratif masuk dalam wilayah Desa Uitiuh Tuan, Kecamatan Semau Selatan, Kabupaten Kupang, NTT.

Baca juga:Langgar Aturan, Tony Anglianto Pecat Dua Satpam dan Lima Karyawan SPBU Oeba Kupang