Bina Bibit Futsal Sejak Dini, AFP NTT Gandeng SMAN 5 Kupang Seleksi PPDB Jalur Prestasi Futsal

AFP NTT Gandeng SMAN 5 Kupang Seleksi PPDB Jalur Prestasi Futsal / foto: Gorby Rumung

EXPONTT.COM, KUPANG – Dalam rangka melakukan pembinaan bibit atlet futsal Nusa Tenggara Timur (NTT) sejak usia dini, Asosiasi Futsal Provinsi (AFP) menggandeng Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 5 Kupang melakukan seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA Negeri 5 Kupang melalui jalur seleksi atlet futsal.

Seleksi PPDB jalur atlet futsal itu dilaksanakan pada Senin 19 Juni 2023 atau sehari sebelum pembukaan PPDB online zonasi.

Dalam seleksinya, tampak para remaja yang baru menyelesaikan masa studi SMP mengikuti seleksi yang dilaksanakan di lapangan futsal SMA Negeri 5 Kupang.

Pendaftaran seleksi jalur futsal dibuka sejak siang pukul 14.00 WITA dan proses seleksi dilakukan pada pukul 17.00 WITA dengan tim seleksi dari tim pelatih futsal Pra PON cabang olahraga (cabor) futsal NTT.

Baca juga: Pertumbuhan Ekonomi NTT Rendah, Frans Aba Sebut Victory Joss Kurang Inovatif dan Kreatif

Dalam pembukaannya, Kepala Sekolah SMA Negeri 5 Kupang, Veronika Wawo,S.Pd,M.Pd, mengucapkan terima kasih kepada AFP NTT yang telah memberikan kesempatan dan menjadikan SMA Negeri sebagai tempat pembinaan atlet futsal NTT yang diproyeksikan akan menjadi pemain futsal yang akan mewakili NTT diajang PON.

Dirinya dengan tegas mendukung kegiatan AFP NTT dan siap menyediakan satu kelas khusus bagi para siswa yang memiliki bakat di bidang olahraga futsal.

Usai proses seleksi, 17 remaja yang baru menyelesaikan studi SMP itu dinyatakan berhasil masuk SMA Negeri 5 Kupang melalui jalur seleksi atlet oleh tim seleksi.

Ketua AFP NTT, Jimmy Sianto, mengatakan, program PPDB melalui seleksi jalur atlet futsal yang dilaksanakan AFP NTT dan SMA Negeri 5 merupakan bentuk keseriusan AFP NTT untuk menyambut PON XXII 2028 yang akan dilaksanakan di NTT dan NTT.

Baca juga: Belum Buka Pendaftaran, Kemenkumham sebut Penerimaan CPNS 2023 Hoax

“Kita sebagai pengurus cabang olahraga futsal tentu memiliki rasa tanggungjawab yang sama untuk mempersiapkan atlet-atlet kita berprestasi di PON 2028 mendatang,” jelasnya.

17 siswa yang secara resmi telah masuk SMA Negeri 5 Kupang melalui jalur seleksi atlet akan ditempatkan dalam satu kelas yang berisi sekitar 30an siswa.

“Untuk melengkapi menjadi satu kelas, itu akan diserahkan kepada SMA Negeri 5 Kupang yang akan mengidentifikasi siswa yang memiliki minat dan bakat futsal yang masuk melalui jalur PPDB online untuk dilengkapi menjadi satu kelas,” jelas Jimmy.

Nantinya, para siswa tersebut akan mendapatkan pelatihan khusus dari AFP NTT setiap hari sekolah sambil menjalani pembelajaran di jam sekolah seperti biasa.

PPDB SMP Jalur Atlet Futsal 

Jimmy Sianto mengungkapkan, saat ini AFP NTT tengah mempersiapkan program PPDB melalui seleksi atlet futsal ditingkat SMP untuk melakukan pembinaan atlet futsal NTT sejak dini.

“Saat ini kami masih mencari sekolah yang memiliki infrastuktur yang memadahi untuk futsal,” jelasnya.

Dirinya berharap dengan pembinaan futsal sejak usia dini, futsal NTT bisa terus berkembang dan berprestasi dimasa mendatang.♦gor

Baca juga: Calon Gubernur NTT 2024

Ikuti berita dari EXPONTT.com di Google News