LLDIKTI XV NTT Fair 2023 Dibuka Secara Resmi Penjabat Gubernur, Digelar 3 Hari

Penjabat Gubernur NTT, Ayodhia Kalake bersama Kepala LLDIKTI XV NTT Prof Adrianus Amheka bersama Rektor Universitas Muhammadiyah Kupang saat berkeliling booth-booth di LLDIKTI Fair 2023 / foto: Gorby Rumung

EXPONTT.COM, KUPANG –Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah XV Nusa Tenggara Timur (NTT) menggelar LLDikTi Fair 2023 di Kampus Universitas Muhammadiyah, Kota Kupang, NTT.

Dengan tema “get ready for better future“, LLDIKTI VX Fair 2023 akan digelar selama tiga hari 17–19 Oktober 2023. Kegiatan ini dilaksanakan untuk mempersiapkan generasi penerus bangsa yang berdaya saing unggul untuk menghadapi Indonesia 2045.

LLDIKTI XV fair 2023 diramaikan dengan berbagai kegiatan diantaranya Job Fair, Debat Ilmiah Mahasiswa, pameran expo dan berbagai kegiatan lainnya.

Baca juga: DPO Kasus Korupsi Bank NTT Ditangkap di Makassar

Penjabat Gubernur NTT, Ayodhia Kalake, dalam sambutannya mengatakan, kehadiran LLDIKTI Wilayah XV tentunya tidak hanya sebatas urusan administratif semata tapi harus mampu meningkatkan daya saing perguruan tinggi NTT pada level nasional maupun internasional.

“Juga perlu dirancang strategi untuk mempersempit disparitas kualitas dan akreditasi antar perguruan tinggi yang ada di Provinsi NTT dan juga terus melakukan pendampingan dan memfasilitasi upaya peningkatan kualitas mutu pendidikan tinggi di daerah ini. Mari terus berkolaborasi untuk mewujudkan NTT Maju dan Sejahtera.” Harap Ayodhia.

Dikesempatan yang sama, Kepala LLDIKTI Wilayah XV Kupang, Prof. Dr. Adrianus Amheka, S.T., M.Eng. mengatakan, hal yang sangat penting melalui kegiatan ini adalah dibutuhkan upaya dan tujuan untuk meningkatkan kontribusi kolaborasi bersama baik dari unsur pemerintah, akademisi, badan atau pelaku usaha dan masyarakat atau komunitas guna mencapai tujuan yang sama dalam akselerasi peningkatan mutu pendidikan tinggi secara umum baik PTN maupun PTS di NTT sehingga dapat menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas dalam berinovasi.

Baca juga:Ade Manafe Resmi Jadi Penjabat Sekda Kota Kupang, Diminta Fokus ke Enam Agenda

“Karna kita lihat bahwa kolaborasi bersama ini sangat luar biasa potensi untuk menggerakan berbagai lini, upaya peningkatan mutu perguruan tinggi secara keseluruhan pada NTT dalam rangka ini perlu upaya secara konkrit dalam mempersiapkan masyarakat yang berdaya saing unggul, adaptif dengan isu permasalahan – permasalahan yang ada di tengah masyarakat serta unggul dalam berbagai aspek,” jelasnya.

Selin itu, lanjut Prof. Amheka, kegiatan ini tentu dapat membangun kepercayaan masyarakat kepada perguruan tinggi dalam membangun SDM yang berkualitas dan juga ekosistem, inovasi yang baik bagi masyarakat di NTT.

Baca juga:Puluhan Tambang Geothermal Ancam Ekosistem NTT, Kebijakan Politik untuk Keberlangsungan Lingkungan Diperlukan

“Melalui kegiatan ini akan muncul mahasiswa-mahasiswi yang dapat memberi inspirasi bagi penerus bangsa di NTT sehingga sasaran dari kegiatan ini adalah selain masyarakat umum dan masyarakat kampus di dunia usaha dan dunia industri, juga kegiatan ini kami melibatkan peserta didik dari SMA/SMK yang menjadi sasaran kami untuk bisa betul – betul menikmati manfaat penting jika berkuliah di perguruan tinggi” jelasnya.

LLDIKTI Fair 2023 menjadi yang perdana digelar oleh LLDIKTI Wilayah XV NTT. Kegiatan ini, Kata Prof Amheka akan berlanjut ditahun-tahun yang akan datang dan menjadi gelaran tahunan LLDIKTI Wilayah XV NTT.♦gor

Baca juga:Yani Mboeik: Emi Nomleni dan Semua Anggota DPRD Terlibat Atas Kehancuran Bank NTT