Kuota Jalur Zonasi PPDB SMA Negeri 1 Kupang Naik Jadi 70 Persen, Warga Oetete Jadi Prioritas

SMA Negeri 1 Kupang / foto: Gorby Rumung

EXPONTT.COM, KUPANG – SMA Negeri 1 Kupang mendapatkan penambahan kuota untuk jalur zonasi di pelaksaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2024.

Kuota jalur zonasi pada PPDB 2024 di SMA Negeri 1 Kupang bertambah menjadi 70 persen dari sebelumnya 50 persen pada pelaksanaan PPDB 2023.

Penambahan tersebut dilakukan untuk mengakomodir peserta didik di sekitar SMA Negeri 1 Kupang untuk mendapat fasilitas pendidikan yang dekat dengan tempat tinggal.

Baca juga: Jelang PPDB 2024, Kepala SMA/SMK Diimbau Hindari Gratifikasi dan Penyimpangan

“Setelah mendengar masukan berbagai pihak, akhirnya di jalur zonasi ada perubahan menjadi 70 persen oleh pemerintah daerah,” kata Kepala SMA Negeri 1 Kupang, Marselina Tua, Jumat, 14 Juni 2024.

Baca juga:  Pernah Viral di Medsos, Anggota Polda NTT Ini Raih Beasiswa S2 Polri di UI

Dengan penambahan tersebut, kuota untuk Jalur Zonasi di SMA Negeri 1 menjadi 292 dari total 417 kuota secara keseluruhan.

Meski begitu, penambahan kuota ini harus mengorbankan kuota untuk jalur prestasi sebanyak 20 persen. Kuota jalur prestasi PPDB SMA Negeri 1 Kupang pada PPDB sebelumnya 30 persen kini menjadi 10 persen. Sementara jalur afirmasi tetap 10 persen dan jalur perpindahan orang tua sebanyak 10 persen.

Baca juga: Ini Cara Daftar Online PPDB SD dan SMP Negeri Kota Kupang, Mulai Buka 19 Juni 2024

Lebih lanjut, Marsiana Tua menuturkan, PPDB mulai dilaksanakan pada 19 hingga 21 Juni 2024 secarar online atau daring.

Baca juga:  Kronologi Pria di Rote Cabuli Gadis 17 Tahun yang Sedang Tidur di Kamar

Ia mengimbau seluruh pendaftar menyiapkan seluruh dokumen secara lengkap sesuai dengan jalur pendafataran yang diinginkan dan juga memperhatikan jaringan internet saat mendafatar. “Dokumen itu ukurannya harus kecil supaya saat diupload ke sistem tidak terhambat. Ini harus cepat-cepatan saat mendaftar,” jelasnya.

Baca juga: Jonas Salean-Alo Sukardan Berpeluang Besar Diusung PAN ke Pilkada Kota Kupang, Ini Alasannya

Marselina mengatakan, PPDB 2024 juga diawasi oleh kejaksaan, kepolisian dan Ombudsman. “Kami juga sudah adakan pertemuan dengan mereka juga bersama pihak Kelurahan Oetete agar PPDB berjalan lancar tanpa ada kegaduhan seperti tahun lalu,” pungkasnya.

Baca juga:  Pilgub NTT: PAN Sebut Jane Natalia Suryanto Wakil yang Tepat untuk Melki Laka Lena

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTT, Ambrosius Kodo, mengatakan, khusus untuk warga Kelurahan Oetete yang hendak mendaftar ke SMA Negeri 1 Kupang diberikan prioritas untuk mendaftar di hari pertama pada tanggal 19 Juni untuk menghindari potensi masalah seperti tahun 2023 lalu.

“Kita ambil langkah khusus warga Oetete di SMA 1 prioritas hari pertama (pendaftaran). Kami sudah koordinasikan dengan telkom sebagai penyedia layanan untuk hari pertama yang bisa masuk hanya warga Oetete,” pungkasnya.♦gor

Baca juga: Pembagian Grup Euro 2024, Mulai Main 15 Juni