PTS di NTT Punya Kualitas yang Sama dengan PTS di Luar NTT

Tengah: Kepala LLDIKTI Wilayah XV, Prof Amheka bersama Koordinator Pembelajaran dan Akademi, Benediktus Gaya, Humas dan Satgas PPKS, Jasinta Florentina Pabha Swan, saat konferensi pers, Kamis 4 Juli 2024 / foto: Gorby Rumung

EXPONTT.COM, KUPANG – Lembaga Layanan Pendidikan Tingggi (LLDIKTI) Wilayah XV mengajak para lulusan SMA dan para orang tua yang anaknya hendak melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi untuk tidak ragu mendaftar ke Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT).

Hal tersebut disampaikan Kepala LLDIKTI Wilayah XV, Prof Adrianus Amheka, Kamis, 4 Juli 2024.

Dirinya mengatakan, saat ini disparitas mutu antara PTS di NTT dengan Perguruan Tinggi Nasional (PTN) di NTT sudah tidak ada lagi, begitu pula jika dibandingkan dengan PTS yang ada di jawa atau di Bali.

Baca juga:Β Viktor Bungtilu Laiskodat Dukung George Hadjoh Dan Messe Ataupah

“Sudah sama kualitasnya, disparitas kualitas antara PTS di NTT dengan yang ada di Jawa atau di Bali sudah sangat kecil. Begitu juga dengan PTN di NTT, itu disparitas kualitasnya sudah nol, sudah tidak ada disparitas dari segi kualitas,” jelasnya.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan dari 57 PTS yang ada di NTT, hampir semuanya telah terakreditasi, tersisa 5 PTS di NTT yang saat ini akreditasinya masih dalam proses pendampingan oleh LLDIKTI untuk akreditasi.

Sementara untuk program studi, tersisa 6 prodi di PTS di NTT yang belum terakreditasi dari total 365 program studi yang ada. “Jika mau dibandingkan (dengan PTN) ini sudah tidak ada lagi, yang lakukan akreditasi PTS juga lembaga yang sama,” tambah Prof Amheka.

Baca juga:Β Penjabat Wali Kota Kupang: dr Herman Man Teladan Para ASN

Angka tersebut menunjukan peningkatan yang signifikan jika dibandingkan dengan tahun 2023. “Peningakatan akreditasi 44 persen jika dibandingkan periode Juni 2023 dan Juni 2024.

Untuk itu dirinya mengajak kepada seluruh masyarakat yang ingin melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi agar tidak perlu ragu mendaftar ke PTS di NTT. “Saya Imbau kepada adik-adik yang akan kuliah di tahun ini untuk mendaftar ke perguruan tinggi swasta di NTT,” pungkasnya.♦gor

Baca juga:Β Kepala SMKN 5 Kupang Dinonaktifkan, Dinas P dan K NTT Lakukan Pemeriksaan