ITAF Kupang Rayakan Dies Natalis ke-4, Gelar Pasar Murah dan Donor Darah

Pasar murah dan donor darah yang digelar oleh ITAF Kupang dimomen dies natalis ke-4, Rabu, 10 Juli 2024 / kolase: istimewa

EXPONTT.COM, KUPANG – Dalam rangka merayakan dies natalis ke-4, yang jatuh pada tanggal 10 Juli 2024, Institut Teknologi Alberth Foenay (ITAF) Kupang, mengelar donor darah dan pasar murah.

Kegiatan yang merupakan hasil kerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Kupang dan Bulog Perwakilan NTT ini digelar di pelataran kampus I ITAF Oesapa, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) Rabu, 10 Juli 2024.

Rektor ITAF Kupang, Rista G. P. M. Theedens, S.Si., M.Sc, mengatakan, kegiatan donor darah dan pasar murah dipilih untuk mendekatkan diri kepada masyarakat di lingkungan kampus dan Kota Kupang dengan kegiatan yang berdampak positif bagi masyarakat.

Baca juga: Cerita dibalik Nama “Rindu Minang”, Rumah Makan Padang yang Resmi Dibuka di Kota Kupang

“Kegiatan ini untuk perkenalan kampus kepada masyarakat terutama yang ada di sekitar lingkungan kampus,” ujarnya, saat diwawancarai disela-sela kegiatan.

Dirinya mengaku terkesan dengan respon masyarakat yang antusias dengan dua kegiatan yang digelar ITAF. “Diluar ekspektasi saya, karena memang banyak mahasiswa yang pada bulan Juli biasanya ada di kampung halaman, karena masa libur semester. Ternyata respon masyarakat sekitar kampus luar biasa, banyak yang datang berbelanja bahan pokok makanan di pasar murah dan donor darah berhasil terkumpul 30 kantong darah,” ujarnya.

Rektor ITAF Kupang menyebut, kegiatan ini akan menjadi agenda rutin kedepannya bagi kampus tersebut. “Sehingga ITAF betul-betul memberikan warna kepada masyarakat, terutama yang ada di kiri dan kanan kami, dengan begitu secara lebih luas lagi orang akan mengenal ITAF sebagai kampus yang punya dampak baik bagi masyarakat,” jelasnya.

Baca juga: Sakit Mata Merah atau Belekan Bisa Menular dari Tatapan? Mitos atau Fakta

Rangkaian dies natalis ke-4 ITAF Kupang, lanjut Rista, akan berlanjut dengan kegiatan beach clean-up (bersih-bersih pantai) dalam waktu dekat dan mengunjungi para mahasiswa yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Oemofa, Kecamatan Amabi Oefeto, Kabupaten Kupang.

Dengan tema dies natalis, “Inovasi Tanpa Henti, ITAF Menuju Era yang Lebih Gemilang”, Rista Theedens mengatakan ITAF Kupang terus berkembang mengikuti perubahan dunia yang terjadi begitu cepat saat ini.

“Di era 4.0 ini semua orang dituntut untuk selalu kreatif karena perubahan terjadi setiap harinya dengan cepat. Kalau berkaitan dengan ilmu teknik atau rekayasa kita juga harus terus berinovasi sehingga semua yang kita lakukan senantiasa mengikuti perkembangan zaman,” jelas alumni Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta ini.

Sivitas akademika ITAF Kupang berpose usai kegiatan donor darah dan pasar murah di momen dies natalis ke-4 ITAF Kupang, Rabu, 10 Juli 2024 / foto: Gorby Rumung

Momen Istimewa ITAF Kupang

Rista Theedens mengaku dies natalis tahun ini juga istimewa bagi ITAF Kupang karena pada 10 Agustus 2024 mendatang akan diwisuda senior pertama dari ITAF Kupang.

“Artinya ITAF telah mengeluarkan wisudawan dengan bidang studinya masing-masing yang sah dengan nomor ijazah yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan, karena memang kami sudah memiliki akreditasi prodi (Program Studi) dan akreditasi institut,” ujarnya.

Dengan wisuda perdana ini, ITAF Kupang telah menunjukan bahwa perguruan tinggi yang berdiri sejak 2020 ini berkontribusi terhadap pembangunan NTT. “Ini sebagai momentum ITAF hadir sebagai sebuah perguruan tinggi secara utuh,” pungkasnya.♦gor

Baca juga: Melki Laka Lena Imbau Masyarakat Gunakan BPJS Saat Sakit dan Sehat