FKUB TTS Imbau Warga Jaga Kamtibmas Hingga Tahapan Pemilu Selesai

Ketua FKUB TTU, Pendeta Eben Telnoni / foto: istimewa

EXPONTT.COM – Proses penyelenggaraan Pemilu 2024, hingga kini masih terus berjalan dengan proses perhitungan suara oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Terkait hal tersebut, Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) mengimbau warga tetap menjaga kemananan dan keterbitan masyarakat (Kamtibmas) untuk mewujudkan penyelenggaraan tahapan pemilu agar berlangsung dengan lancar dan aman.

Ketua FKUB Kabupaten TTS, Pendeta Eben Telnoni, mengajak masyarakat terutama pihak-pihak yang berkepentingan agar menjaga situasi tetap kondusif sepanjang rangkaian tahapan pemilu ini.

Baca juga: 4 Ketua Komisi DPRD Kota Kupang “Tumbang” di Pemilu 2024

“Untuk mewujudkan pemilu yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil guna pelaksanakan pemilu yang damai, aman, tertib dan nyaman, kita imbau dan ajak masyarakat atau pihak yang berkepentingan agar tetap menjaga situasi tetap kondusif agar pelaksanana pemilu berjalan dengan aman dan lancar,” katanya.

Ia juga meminta masyarakat mengedepankan persatuan dan kesatuan bangsa dengan tidak melakukan tindakan-tindakan yang mengarah ke potensi perpecahan.

Ia juga mengajak masyarakat dapat bekerja sama menolak upaya yang dapat menimbulkan perpecahan di masyarakat dan menghindari kegiatan yang bersifat provokatif, menghasut, ujaran kebencian, hoax, serta tidak menggunakan isu sara.

Baca juga: Update Perolehan Suara DPD RI Dapil NTT, Angelius Wake Kako Salip Hilda Manafe

Pendeta juga mengimbau kepada seluruh elemen masyarakat untuk mematuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku dan mengedepankan hukum dalam menyelesaikan masalah-masalah Pemilu

Masyarakat, diminta menempuh mekanisme yang sudah disiapkan pemerintah, apabila ada pihak tertentu yang tidak terima dengan hasil pemilihan itu.

Baca juga: 7 Caleg DPR RI Dapil NTT II dengan Perolehan Suara Terbanyak Sementara, 4 Petahana Masuk

Pemerintah, lanjutnya, telah menyediakan ruang bagi masyarakat untuk menyampaikan segala dugaan kecurangan melalui mekanisme hukum.

Semua pihak diharapkan mengikuti tahapan mekanisme itu, agar pelaksaan pemilu berjalan aman, dan tetao menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.(*)

Baca juga: 6 Caleg DPR RI Dapil NTT I dengan Perolehan Suara Terbanyak Sementara, Hugo Parera Mendominasi