Pilgub NTT 2024: Calon Pendamping Melki Laka Lena Mengerucut ke Dua Figur, Jane Natalia Suryanto Menguat

Melki Laka Lena dan Jane Natalia Suryanto

EXPONTT.COM, KUPANG – Melki Laka Lena secara resmi telah menyatakan diri akan maju ke Pemilihan Gubernur (Pilgub) Nusa Tenggara Timur (NTT) 2024-2029.

Ketua Golkar NTT ini, disejumlah forum terbuka juga telah menyatakan keinginannya maju ke Pilgub dan akan segera mengundurkan diri sebagai Anggota DPR RI terpilih 2024-2029.

“Saya akan mundur dan akan digantikan oleh Dr Umbu Kabunang, sehingga saya fokus untuk maju sebagai calon Gubernur NTT,” katanya saat menutup kegiatan sosialisasi BPJS di Kota Kupang, Selasa, 9 Juli 2024.

Baca juga:Β Luncurkan Rumah Aspirasi, Dedikasi Jane Natalia Suryanto untuk NTT

Meski begitu hingga saat ini belum ada nama yang dipastikan sebagai calon wakil gubernur yang akan mendampingi Melki Laka Lena.

Terbaru, dari tiga nama yang sebelumnya diusulkan sebagai pasangan calon Melki Laka Lena di Pilgub NTT ke partai koalisi di tingkat pusat telah mengerucut ke dua nama figur perempuan yakni Jane Natalia Suryanto dari PSI, serta kader Gerindra Anita Mahenu.

Gabriel Beri Bena yang sebelumnya juga masuk dalam radar disebut lebih berniat untuk maju ke Pilkada Alor.

Baca juga:Β Pengamat Politik Sebut Jane Natalia Suryanto Sosok Fenomenal

Terkait hal tersebut, Melki mengatakan, “Kita tunggu apakah Pak Gabriel Beri Bena maju bupati atau wakil gubernur, itu tergantung keputusan DPP Gerindra,”

Lebih lanjut pria yang akrab disapa Abang Melki ini, menegaskan dirinya siap dipasangkan dengan siapa saja ke Pilgub NTT termasuk dengan Jane Natalia Suryanto, terlebih PSI juga merupakan bagian dari Kolaisi Indonesia Maju (KIM).

“Siapapun yang diputuskan dari Pimpinan Pusat Koalisi Indonesia Maju, mau siapapun saya siap,” tegasnya.

Baca juga:Β Pilgub NTT 2024: Gaya Politik Pelayanan Jane Natalia Suryanto Tuai Dukungan Warga Sumba

Jane Natalia Suryanto menguat

Dari perjalanan dalam proses menuju pilkada NTT 2024, Jane Natalia Suryanto menguat untuk menjadi pendamping Melki Laka Lena.

Jane Natalia Suryanto, menjadi satu-satunya figur yang telah menerima rekomendasi dari Partai PAN sebagai calon wakil gubernur.

Ketua Pembina PSI NTT ini juga telah berproses di PKB dengan menjalani Uji Kelayakan dan Kepatutan di tingkat DPP PKB.

Secara elektotal, Jane Natalia Suryanto juga telah mengenyam pengalaman di Pileg 2024 dengan meraih 46.055 suara, sementara Anita Mahenu memperoleh 32.799 suara. Jane Natalia tak lolos DPR RI karena terhambat parlement trashold atau ambang batas di tingkat pusat.(*)

Baca juga:Β Rakyat NTT Inginkan Pasangan Melki Laka Lena-Jane Natalia Suryanto di Pilgub 2024