Kedua Murid Minta Yesus Duduk Di Kiri dan Kanan

  • Bagikan
Fr. M. Yonahes Berchmans, Bhk,M.Pd

♦ Renungan Minggu, 17 Oktober 2021

 

Oleh : Fr. M. Yohanes Berchmans, Bhk

 

SEMANGAT SORE, pada hari ini kita memasuki hari Minggu biasa ke XXIX. Dan Injil hari ini dikisahkan tentang Permintaan Yakobus dan Yohanes, Bukan memerintah, melainkan melayani (Mrk. 10: 35 – 45).

*Dalam Injil hari ini, kita mendengar permintaan Yakobus dan Yohanes kepada Guru mereka, agar kelak mereka berdua boleh duduk dalam kemuliaan kelak, seorang disebelah kanan dan seorang lagi disebelah kiri.

Sebagai manusia biasa, sangat wajar kalau mereka gagal paham tentang mengikuti Yesus. Mereka berpikir, mengikuti Yesus akan mendapat posisi khusus di Surga kelak, sebab mereka telah membantu Yesus selama di dunia. Atau mereka juga mengira, karena mereka telah mengikuti Yesus, maka di surga kelak, mereka mendapatkan posisi politis, padahal bukan posisi politis, melainkan posisi spiritual. Dan yang pantas menempati posisi itu adalah mereka yang mengikuti teladan dan ajaran Yesus, yang mencintai Tuhan dan sesama.

Yesus berkata kepada kedua bersaudara itu ” _hal duduk disebelah kanan atau sebelah kiri Ku, Aku tidak berhak memberikannya. Itu akan diberikan kepada orang orang yang baginya telah disediakan_”.

Dengan berkata demikian, Yesus mau menyampaikan kepada Yakobus dan Yohanes serta kepada kita bahwa siapa pun mempunyai hak yang sama untuk boleh duduk dalam kemuliaan Tuhan kelak, asal memenuhi syarat yang sudah ditetapkan oleh Tuhan. Tidak menjamin bahwa semua orang yang percaya dan beriman kepada Yesus otomatis masuk dalam kemuliaan Nya. Melainkan percaya dan beriman itu harus diwujudnyatakan lewat kata dan perbuatan yang baik kepada sesama. Juga meneladani cara hidup dan pelayanan Yesus, ajaran dan perintah Nya, untuk saling mengasihi, dan saling mengampuni, bukan cuma di bibir, tetapi lewat tindakan yang nyata. Ini berlaku bagi semua orang, termasuk kalau kita diberi tanggung jawab sebagai pemimpin yang harus melayani, bukan hanya dengan manisnya kata kata, melainkan harus dengan perbuatan nyata.

* Semoga demikian. Selamat Berhari Minggu 🙏🙏

  • Bagikan