Firman yang telah menjadi manusia

  • Bagikan

♦ Renungan Pagi

oleh : Fr. M. Yohanes Berchmans, Bhk

 

SEMANGAT PAGI, pada hari ini kita merayakan hari Raya Natal. Dan Injil hari ini dikisahkan tentang Firman Yang Telah Menjadi Manusia (Luk. 1: 1 – 18).

Pada saat doa angelus kita sering mendoakan Sabda telah menjadi manusia atau Firman telah menjadi manusia, dan dijawab dengan jawaban dan tinggal diantara kita. Jadi, Injil hari ini sesungguhnya mau menegaskan dan menjelaskan tentang jati diri Yesus.

Bahwa Yesus adalah sungguh Allah dan sungguh Manusia. Dia adalah karunia Roh Kudus dan bukan karena hasil keinginan daging seorang anak manusia. Atau kata lain, bahwa Dia adalah Firman Allah bahkan Dia adalah Allah yang menjelma menjadi Manusia dalam diri Yesus Kristus. Dengan Allah turun tahta mengambil bagian dalam hidup manusia, kecuali dalam hal dosa, mau membawa pesan bagi kita semua, bahwa kita manusia begitu sangat berharga, juga ditengah kerapuhan kita.

Allah menyatakan belas kasihnya kepada kita manusia, justeru dengan Dia menjelma menjadi Manusia, dengan lahir dikandang hewan. Inilah sebagai bukti KASIH Allah kepada kita manusia, yang mau solider sekaligus mengangkat harkat dan martabat kita kembali sebagai Citra Nya. Dan jika Allah mau merendahkan diri Nya dengan rela berkorban menjadi manusia, maka kita pun harusnya rendah hati dihadapan Nya dan dihadapan sesama. Dan jika kita rendah hati, maka kelak kita akan dimuliakan oleh Allah.

Maka, mari jadilah pribadi yang rendah hati sebagai kado NATAL. Dan dengan kita menjadi rendah hati, berarti kita telah dilahirkan kembali. Jika demikian, maka NATAL Yesus telah menjadi NATAL kita. Dan akhirnya di hari NATAL ini, Yesus tidak meminta kado yang istimewa dari kita masing-masing, melainkan Dia hanya meminta kita agar menjadi pribadi yang Rendah Hati. Sebab, kerendahan hati adalah jalan menuju kekudusan. Dan sesungguhnya Dia datang ke dunia ini, untuk menguduskan dan menyelamatkan kita manusia dari kebinasaan akibat dosa.

Selamat Pesta NATAL, 25 Des’ 21. Semoga NATAL Yesus Menjadi NATAL kita.

Mudah-mudahan 🙏🙏

  • Bagikan