Yesus Dicobai di Padang Gurun

♦ Renungan Minggu, 6 Maret 2022

Oleh: Fr. M. Yohanes Berchmans, Bhk, M. Pd

 

SEMANGAT PAGI, pada hari ini kita memasuki Minggu Prapaskah I. Dan Injil hari ini dikisahkan tentang Pencobaan di Padang Gurun (Luk. 4: 1 – 13).

*Bahwa setelah Yesus di baptis di sungai Yordan, Yesus yang penuh dengan Roh Kudus di bawa oleh Roh Kudus ke Padang gurun. Ia tinggal selama 40 hari lamanya dan dicobai Iblis. Dan jika  direnungkan bahwa sebelum Yesus tampil di depan umum, Ia diuji atau dicobai ke Allah an Nya oleh Iblis. Dan ternyata Ia lulus dalam ujian atau cobaan Iblis itu. Ada tiga ujian atau cobaan Iblis kepada Yesus, yakni*

_pertama_ *soal kenikmatan (hedonisme) atau kepuasan: lapar, dengan mengubah batu jadi roti*. _kedua_ *soal egoisme dan atau kuasa dan atau jabatan, dengan syarat menyembah Iblis*.

_ketiga_ *soal materialisme atau harta*. Bagaimana dengan kita? *Sebagai murid Yesus, hidup kita pun tidak terlepas dari ujian atau cobaan atau godaan iblis. Dan seperti Yesus, Iblis pun tidak tahu titik kelemahan kita manusia, yakni soal kenikmatan (hedonisme), tidak hanya soal lapar, tetapi juga soal keinginan daging, atau juga hidup dalam kemewahan “duniawi”.

Demikian juga dengan ujian atau cobaan atau godaan kedua, soal kuasa, atau jabatan atau kedudukan atau posisi. Dewasa ini, Dewasa ini banyak orang yang tergoda dengan kekuasaan atau jabatan. Dan banyak pula demi jabatan atau kekuasaan atau kedudukan, atau posisi, rela meninggalkan imannya. Dan juga ujian atau cobaan atau godaan ketiga adalah soal harta.

Entah berapa banyak yang demi harta atau kekayaan, tega meninggalkan imannya, meninggalkan Yesus, dan menikah dengan yang beda agama. Dan sekali lagi tidak sedikit yang tergiur dengan cobaan atau godaan, atau rayuan iblis. Dan, agar kita tidak mudah jatuh dalam godaan atau cobaan atau rayuan iblis itu, maka baiklah di masa prapaskah ini, kita mohon penyertaan Tuhan, sehingga kita kuat, teguh dalam iman*.

Akhirnya, *mari kita menyangkal diri, memikul salib dan mengikuti Yesus, sehingga kita pun lulus dalam cobaan atau godaan atau rayuan iblis*.

Semoga demikian. Selamat Berhari Minggu 🙏🙏