ORA ET LABORA

Renungan oleh: Fr. M. Yohanes Berchmans, Bhk – Ka SMPK Frateran Ndao – Ende.

SEMANGAT PAGI, Sudahkah anda mengawali hari baru ini dengan doa dan ucapan syukur? Jangan lupa untuk memberikan senyum, sapa, salam, sopan dan santun kepada sesama. Dan semoga hari mu indah dan menyenangkan! Pada hari ini gereja katolik sejagat memperingati Santa Marta, Maria, dan Lazarus.

Dan renungan hari ini terinspirasi dari Injil Lukas 10: 38 – 42, yakni tentang Maria dan Marta. Maria dan Marta adalah dua pribadi yang mewakili manusia yang disatu sisi ada yang sibuk bekerja atau melayani, dan mengabaikan doa, yang diwakili oleh Marta, dan ada yang hanya berdoa tanpa bekerja yang diwakili oleh Maria.

Dari kedua tipe pribadi ini, yang diharapkan adalah bahwa kita harus mengawali dan mengakhiri kerja atau pelayanan kita dengan doa. Sehingga ada ungkapan latin yang pernah kita dengar: ORA ET LABORA, yang artinya berdoa dan berkerja. Itu artinya doa tidak menggantikan kerja atau sebaliknya kerja tidak menggantikan doa.

Jadi, sebelum bekerja harus berdoa terlebih dahulu. Dan setelah bekerja juga harus berdoa. Berdoa dan berkerja bagaikan dua sisi mata uang. Semoga kita menjadi Maria dan Marta masa kini, yang selalu: ORA ET LABORA.

Semoga demikian. Selamat Berakhir pekan ! !!