Hati Hatilah Dan Berjaga Jagalah

Fr. M. Yohanes Berchmans, Bhk - Ka SMPK Frateran Ndao - Ende

♦Renungan oleh: Fr. M. Yohanes Berchmans, Bhk

 

SEMANGAT PAGI, Sudahkah anda mengawali hari baru ini dengan doa dan ucapan syukur? Jangan lupa untuk memberikan senyum, sapa, salam, sopan dan santun kepada sesama. Dan semoga hari mu indah dan menyenangkan. Jangan lupa untuk selalu bahagia! Pada hari ini kita memasuki hari Minggu Adven I.

Renungan hari ini terinspirasi dari Injil Markus 13: 33 – 37, yakni tentang Nasihat Supaya Berjaga-jaga. Yesus menasihati para murid Nya, termasuk kita para murid Nya yang hidup di zaman now, untuk berhati-hati dan berjaga-jaga, sebab kita tidak akan pernah tahu kapan saatnya tiba, Tuhan datang menjemput kita untuk kembali ke rumah Bapa di Surga. Dan ketika hari ini kita memasuki masa Adven I, maka sesungguhnya kita sedang berhati hati dan berjaga-jaga menanti kedatangan Yesus Kristus Sang putera Natal. Kata adven berasal dari bahasa latin adventus yang artinya datang, yang memiliki dua pengertian, di mana masa adven merupakan masa menantikan kedatangan lahirnya Sang Juru Selamat; dan masa menantikan kedatangan Yesus yang kedua (parousia) pada akhir zaman.

Itulah makna dari masa adven. Dan dalam makna kedua itulah, yang sesungguhnya yang dimaksudkan oleh Yesus, dengan ungkapan: “berhati hatilah dan berjaga-jagalah”, dalam menantikan kedatangan Tuhan Yesus pada akhir zaman. Namun, penting juga untuk kita menantikan kedatangan Tuhan Yesus Sang putera Natal, dihari NATAL. Kita menantikan kedatangan Sang putera Natal, tidak hanya terkait hal hal yang lahiriah, jasmaniah, fisik, melainkan yang lebih penting adalah hati dan batin kita harus baru. Jika demikian, maka masa adven yang kita mulai hari ini Minggu I, bisa kita jadikan sebagai masa untuk menantikan kedatangan Tuhan Yesus pada akhir zaman atau parousia. Dengan demikian, makna adven dapat diintegrasikan menjadi satu, yakni menantikan kedatangan Tuhan, saat ini dan yang akan datang. Maka, berhati-hatilah dan berjaga-jagalah, dalam menantikan kedatangan Tuhan.

Semoga demikian!!