Engkau Nyatakan Kepada Orang Kecil

Fr. M. Yohanes Berchmans, Bhk - Ka SMPK Frateran Ndao - Ende

♦Renungan oleh: Fr. M. Yohanes Berchmans, Bhk

 

SEMANGAT PAGI, Sudahkah anda mengawali hari baru ini dengan doa dan ucapan syukur? Jangan lupa untuk memberikan senyum, sapa, salam, sopan dan santun kepada sesama. Dan semoga hari mu indah dan menyenangkan. Jangan lupa untuk selalu bahagia!

Renungan hari ini terinspirasi dari Injil Lukas 10: 21 – 24, yakni tentang Ucapan Syukur Dan Bahagia. Ucapan syukur dan bahagia ini, dinaikkan oleh Yesus kepada Bapa Nya, karena semuanya disembunyikan bagi orang bijak dan pandai, tetapi Bapa nyatakan kepada orang kecil. Siapakah orang kecil itu? Orang kecil adalah orang yang selalu mengandalkan Tuhan dengan imannya. Dan orang orang seperti inilah yang berkenan dihati Bapa.

Pertanyaan adalah mengapa rahasia kerajaan Allah tersembunyi bagi orang bijak dan pandai? Karena orang bijak dan pandai, selalu mengandalkan kekuatan dirinya dan tidak mengandalkan Allah. Orang orang kecil adalah mereka yang tidak mempunyai kepentingan; mereka adalah orang orang yang mau menerima dan mau mendengarkan ajaran serta pewartaan Yesus. Bagaimana dengan kita? Adakah kita termasuk golongan orang bijak dan pandai, yang selalu mengandalkan kekuatan sendiri dan tidak mau menerima serta tidak mau mendengarkan ajaran Yesus melalui Firman Nya? Ataukah kita termasuk golongan orang orang kecil yang selalu mengandalkan Tuhan dengan iman dan selalu mau menerima serta mau mendengarkan ajaran Nya melalui Firman Nya?

Jadi, orang kecil itu ukurannya adalah selalu mengandalkan Tuhan dengan iman dalam hidup, mau menerima dan mau mendengarkan ajaran serta pewartaan Yesus melalui kitab suci, dan berusaha untuk mengamalkannya dalam hidup sehari-hari. Dan dalam konteks masa adven, orang kecil adalah mereka yang selalu menantikan kedatangan Tuhan saat Natal, dan saat parousia.

Semoga demikian!!