Pergilah Dan Wartakanlah: Kerajaan Surga Sudah Dekat

Frater

♦Renungan oleh: Fr. M. Yohanes Berchmans, Bhk

 

SEMANGAT PAGI, Sudahkah anda mengawali hari baru ini dengan doa dan ucapan syukur? Jangan lupa untuk memberikan senyum, sapa, salam, sopan dan santun kepada sesama. Dan semoga hari mu indah dan menyenangkan. Jangan lupa untuk selalu bahagia!

Renungan hari ini terinspirasi dari Injil Matius 9: 35 – 10: 1. 6 – 8, yakni tentang Belas Kasihan Yesus Terhadap Orang Banyak; Yesus Memanggil Kedua Belas Rasul, dan Yesus Mengutus Kedua Belas Rasul. Yesus berkeliling ke semua kota dan desa, untuk mengajar, dan mewartakan Injil Kerajaan Surga, sambil berbuat kebaikan, yakni: melenyapkan segala penyakit, dan kelemahan. Yesus tidak sendirian, Dia melibatkan para rasul Nya untuk membantu Nya. Maka, Yesus memberikan kuasa kepada para rasul Nya, untuk mengusir roh roh jahat, dan untuk melenyapkan segala penyakit serta segala kelemahan, seperti yang telah dilakukan oleh Yesus. Setelah menerima kuasa dari Yesus, mereka diutus oleh Yesus dengan sasaran atau fokusnya adalah pergi kepada domba-domba yang hilang, dari umat Israel.

Yesus berkata: ” pergilah dan wartakanlah: kerajaan surga sudah dekat. Sembuhkan lah orang sakit, bangkitkanlah orang mati, tahirkanlah orang kusta, usirlah setan setan”. Dan Yesus mengingatkan para rasul Nya, bahwa mereka telah memperoleh kuasa Allah, dengan cuma cuma, maka berikanlah pula dengan cuma cuma. Mengapa? Ada bahaya kuasa itu disalahgunakan untuk komersial. Bagaimana dengan kita? Kita pun sebagai murid Yesus, telah dipanggil oleh Nya untuk pergi dan mewartakan: kerajaan Surga sudah dekat, bahkan sudah ada ditengah tengah kita manusia. Maka, dalam konteks kita, pergi dan mewartakan: kerajaan Surga sudah dekat, adalah melalui kesaksian cara hidup kita, cara bersikap, cara berperilaku, cara bertutur kata dan cara bertindak kita yang baik dan benar, yang mengasihi, yang mengampuni, yang tulus melayani, yang mencerminkan bahwa kita adalah murid Yesus. Dan akhirnya, sebagai murid Yesus, kita dipanggil untuk mengambil bagian dalam tri tugas Kristus, yakni sebagai imam, nabi dan raja. Dengan demikian, kita menjadi Alter Christus. Semoga demikian.

Selamat Berakhir pekan !!