Persiapkanlah Jalan Untuk Tuhan, Luruskanlah Jalan Bagi Nya

Fr. M. Yohanes Berchmans, Bhk - Ka SMPK

♦Renungan oleh: Fr. M. Yohanes Berchmans, Bhk

 

SEMANGAT PAGI, Sudahkah anda mengawali hari baru ini dengan doa dan ucapan syukur? Jangan lupa untuk memberikan senyum, sapa, salam, sopan dan santun kepada sesama. Dan semoga hari mu indah dan menyenangkan. Jangan lupa untuk selalu bahagia!

Renungan hari ini terinspirasi dari Injil Markus 1: 1 – 8, yakni tentang Yohanes Pembaptis. Dialah perintis jalan bagi kedatangan Sang Juruselamat dunia, yakni Yesus Kristus ke dunia. Sebagai perintis jalan, maka jalan yang ia siapkan adalah jalan pertobatan. Oleh karena itu, Yohanes Pembaptis berseru seru dipadang gurun: ” persiapkanlah jalan untuk Tuhan, luruskanlah jalan bagi Nya”. Tidak hanya berseru seru, tetapi juga memberikan baptisan tobat untuk pengampunan dosa. Maka, Yohanes Pembaptis membaptis orang orang dari daerah Yudea dan semua penduduk Yerusalem, di sungai Yordan. Namun, yang luar biasanya adalah bahwa Yohanes Pembaptis, dia seorang yang rendah hati, seorang yang tahu diri, bahwa dia hanyalah seorang utusan untuk mempersiapkan jalan bagi kedatangan Tuhan Yesus. Yohanes berkata: ” sesudah aku akan datang Dia yang lebih berkuasa daripada aku,. Membungkuk dan membuka tali kasut Nya pun aku tidak layak. Aku membaptis kamu dengan air, tetapi Dia akan membaptis kamu dengan Roh Kudus”. Ini sangat sangat luar biasa sikap yang ditunjukkan oleh Yohanes Pembaptis.

Di zaman modern ini, disaat orang memiliki kecenderungan untuk mencari popularitas diri, dan mencari ketenaran, justeru Yohanes Pembaptis mengajarkan kepada kita untuk selalu menjadi humble (rendah hati), menjadi bersahaja dan sederhana. Semoga teladan dan sikap hidup Yohanes Pembaptis dapat menginspirasi kita, khususnya selama masa Adventus ini, masa menanti kedatangan Tuhan Yesus, baik saat NATAL, maupun saat parousia. Mudah mudahan.

Selamat Berhari Minggu Adven II.