Yesus Melihat Iman Kita

♦Renungan oleh: Fr. M. Yohanes Berchmans, Bhk

 

SEMANGAT PAGI, Sudahkah anda mengawali hari baru ini dengan doa dan ucapan syukur? Jangan lupa untuk memberikan senyum, sapa, salam, sopan dan santun kepada sesama. Dan semoga hari mu indah dan menyenangkan. Jangan lupa untuk selalu bahagia!

Renungan hari ini terinspirasi dari Injil Lukas 5: 17 – 26, yakni tentang Orang Lumpuh Di Sembuhkan. Orang lumpuh ini disembuhkan oleh Yesus, bukan melalui cara yang gampang, melainkan melalui suatu usaha atau perjuangan yang tidak mudah. Namun, usaha atau perjuangan itu dilandasi dengan iman yang luar biasa kepada Yesus. Bukan hanya Iman orang per orang, melainkan iman komunal atau komunio atau iman bersama mulai dari orang orang yang mengusung si lumpuh dan juga sudah pasti iman si lumpuh sendiri kepada Yesus. Dan untuk dapat berjumpa dan mendapatkan kesembuhan dari Yesus, mereka harus melewati rintangan atau hambatan berupa orang banyak yang sedang mendengarkan ajaran Yesus. Oleh karena itu, mereka naik ke atas rumah dan membongkar atap itu, lalu menurunkan si lumpuh ke tengah tengah orang banyak tepat di depan Yesus.

Tentunya apa yang mereka lakukan itu merupakan simbol sebuah usaha atau perjuangan untuk berjumpa dan untuk mendapatkan berkat kesembuhan dari Yesus. Dan ternyata usaha mereka tidak sia sia. Sebuah proses usaha yang tidak mengkhianati hasil. Si lumpuh disembuhkan oleh Yesus, pertama tama karena iman mereka, dan yang kedua usaha atau perjuangan mereka, walaupun harus melewati hadangan orang banyak dan naik ke atas rumah dan membongkar atap rumah, demi berjumpa dan mendapatkan kesembuhan dari Yesus. Yesus melihat iman mereka, Ia berkata: ” hai saudara, dosamu sudah diampuni. Bangunlah, angkatlah tempat tidurmu dan pulanglah ke rumah! Seketika itu juga bangunlah orang itu, dan pulang ke rumahnya sambil memuliakan Allah”.

Bagaimana dengan kita? Kita pun dapat belajar dari pengalaman kesembuhan si lumpuh. pertama : kita harus memiliki iman yang luar biasa, seperti iman dari orang orang yang mengusung si lumpuh dan iman si lumpuh sendiri. Jadi, penting juga iman komunal atau komunio atau iman bersama, jika kita ingin disembuhkan atau diselamatkan oleh Yesus. kedua : untuk dapat berjumpa dan mendapatkan rahmat dan berkat apapun dari Yesus, dibutuhkan usaha atau perjuangan yang keras. Sebab, terkadang Yesus menguji keimanan kita, berupa berbagai kesulitan atau hambatan.

Tetapi, barangsiapa yang setia beriman kepada Nya sampai akhir, akan selamat. ketiga : jika Tuhan telah memberikan rahmat dan berkat yang kita butuhkan, jangan lupa untuk bersyukur dan memuliakan Allah.

Semoga demikian!!