Roh Kudus Akan Turun Atasmu…

Fr. M. Yohanes Berchmans, Bhk - Ka SMPK

♦Renungan oleh: Fr. M. Yohanes Berchmans, Bhk

 

SEMANGAT PAGI, Sudahkah anda mengawali harimu dengan doa dan ucapan syukur? Jangan lupa untuk memberikan senyum, sapa, salam, sopan dan santun kepada sesama. Dan semoga harimu indah dan menyenangkan. Jangan lupa untuk selalu bahagia.

Renungan hari ini terinspurasi dari Injil Lukas 1; 26 – 38, yakni Pemberitahuan Tentang Kelahiran Yesus. Hal ini disampaikan oleh malaikat Tuhan yakni Gabriel kepada seorang gadis desa yang masih belia, yang saat itu bertunangan dengan seorang yang bernama Yusuf, dan nama gadis desa itu adalah Maria. Ketika malaikat itu masuk ke rumah Maria, dan memberi salam, Maria terkejut, lalu bertanya di dalam hati, apakah arti salam itu. Kata malaikat itu kepadanya: ” jangan takut, hai Maria, sebab engkau beroleh kasih karunia dihadapan Allah. Sesungguhnya engkau akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki laki, dan hendaklah engkau menamai Dia Yesus. Ia akan menjadi besar, dan disebut Anak Allah yang Maha Tinggi. Kata Maria: bagaimana hal itu mungkin terjadi, karena aku belum bersuami? Jawab malaikat itu: ” _Roh Kudus akan turun atasmu, dan kuasa Allah yang Maha Tinggi akan menaungi engkau; sebab itu anak yang akan kaulahirkan itu akan disebut kudus, Anak Allah”. Dan setelah melalui dialog yang mendalam, Maria pasrah pada kehendak Allah. Lalu, katanya: “sesungguhnya aku ini adalah hamba Tuhan; terjadilah padaku, menurut perkataanmu”. Inilah happy ending dari dialog Maria dan malaikat Tuhan, yang dikenal dengan FIAT Maria atau penyerahan diri Maria kepada rencana dan kehendak Allah.

Bagaimana dengan kita? Kita pun terkadang ada banyak hal yang tidak kita mengerti dalam hidup ini. Namun, Roh Kudus Allah, akan turun atas kita, untuk memampukan kita agar kita insaf akan banyak hal yang tidak kita paham yang terjadi dalam hidup kita. Dan pada akhirnya, Semoga FIAT Maria, menjadi FIAT kita.

Mudah mudahan!!