Pemungutan Suara Ulang Pemilihan Bupati Sabu Raijua Digelar 7 Juli 2021, Logistik Mulai Didistribusikan

pemungutan suara ulang sabu raijua

EXPONTT.COM –Pemungutan Suara Ulang (PSU) untuk pemilihan Bupati-Wakil Bupati Sabu Raijua, Nusa Tenggara Timur (NTT) akan diselenggarakan pada 7 Juli 2021 mendatang setelah Mahkamah Konstitusi (MK) memutuskan mendiskualifikasi pasangan Orient Patriot Riwu Kore-Thobias Uly sebagai Bupati dan Wakil Bupati terpilih dalam Pilkada Serentak 2020 di Sabu Raijua.

Komisi Pemilihan Umum sudah mulai mendistribusikan logistik ke wilayah terluar dari Kabupaten Sabu Raijua.

Juru Bicara KPU Sabu Raijua Daud Pau ketika dihubungi, Minggu 4 Juli 2021, mengatakan, “Hari ini kami mulai mendistribusikan logistik PSU ke wilayah terluar atau terjauh yakni di Pulau Raijua yang dilakukan dengan perahu motor.”

pemungutan suara ulang sabu raijua
Pendistribusian logistik PSU Pemilihan Bupati-Wakil Bupati Sabu Raijua ke wilayah terluar atau terjauh di Pulau Raijua yang dilakukan dengan perahu motor diawasi TNI-Polri dan Satpol PP (antara)

Logistik PSU yang disalurkan terdiri dari 19 kotak suara dengan perincian 18 kotak sesuai jumlah tempat pemungutan suara (TPS), ditambah satu kotak ke panitia pemilihan kecamatan untuk keperluan rekapitulasi di tingkat kecamatan.

Baca juga: Pemerintah Indonesia dan Belanda Sepakat Perluas Kerja Sama di Bidang Sawit Berkelanjutan

Selain itu, KPU juga mendistribusikan alat pelindung diri, serta multivitamin untuk Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) saat melaksanakan tugas pada hari pelaksanaan PSU nantinya.

Daud Pau menjelaskan pendistribusian logistik ini dikawal puluhan personel gabungan TNI-Polri dan Satpol PP setempat hingga sampai ke tingkat kecamatan.

Menurut Daud, penyaluran logistik untuk lima kecamatan di Pulau Sabu akan dilakukan serentak pada 5 Juli.

“Jadi penyaluran logistik ini diprioritaskan ke daerah terjauh terlebih dahulu, sementara untuk di Pulau Sabu akan dilakukan besok karena bisa dijangkau dengan jalur darat,” kata Daud.

Baca juga: Viral Dua Pria di Sabu Acungkan Pistol Dalam Mobil, Polisi Tangkap Pelaku

KPU Sabu Raijua telah menetapkan dua pasangan calon (paslon) yang akan bertarung dalam PSU. Yakni, paslon nomor urut 01 Nikodemus N. Rihi Heke dan Yohanis Uly Kale dan paslon nomor urut 03 Takem Irianto Radja Pono dan Herman Hegi Radja Haba.

♦jpnn.com