BMKG Prediksi Dampak Siklon Tropis Anika yang Terbentuk di Laut Timor Terhadap Cuaca di NTT

siklon tropis anika (zoom.earth)
siklon tropis anika (zoom.earth)

EXPONTT.COM – Terbentuknya Siklon Tropis Anika di sebelah barat laut Australia memberikan dampak terhadap pola cuaca di wilayah NTT.

Berdasarkan siaran pers yang dikeluarkan Stasiun Meteorologi El Tari Kupang, kondisi atmosfer saat ini cukup mendukung dalam peningkatan sistem antara lain aktifnya fenomena gelombang atmosfer yaitu MJO (Madden Julian Oscilation), gelombang ER (Equatorial Rosbby) dan didukung dengan kondisi kelembapan udara basah di tiap lapisan atmosfer.

Tidak hanya itu, suhu di sekitar sistem tersebut juga hangat.

Baca juga: Siklon Tropis Anika Terbentuk di Laut Timor Dekat Australia, Apa Dampaknya?

BMKG memprediksi, pergerakan Siklon Tropis Anika telah bergerak menuju arah selatan dan tenggara dan semakin menjauhi wilayah Indonesia.

Keberadaan sistem ini mempengaruhi pola cuaca di wilayah NTT yakni meningkatkan kecepatan angin dan hujan dengan intensitas ringan hingga lebat yang terjadi secara sporadis dan dapat disertai petir.

BMKG juga mengeluarkan peringatan dini potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang di wilayah Kabupaten Nagekeo, Ende, Sikka, Sumba Timur, Sumba Tengah, Sumba Barat dan Sumba Barat Daya.

Baca juga: Hujan Deras, Lima Desa di Malaka Terendam Banjir

Sementara potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang akan terjadi di wilayah Kabupaten Manggarai Barat, Manggarai, Manggarai Timur, Ngada, Flores Timur, Lembata, Alor, Belu, Malaka, TTU, TTS, Kabupaten Kupang, Kota Kupang, Rote dan Sabu.

BMKG menghimbau agar masyarakat meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi cuaca ekstrem yang bisa menyebabkan bencana hidrometeorologi dan menghindari daerah rentan bencana seperti lembah sungai, lereng yang rawan longsor, daerah curam/bergunung/tebing pada saat terjadi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat yang terjadi dalam durasi panjang.