Shirley Manutede, jaksa idealis

Shirley Manutede

SHIRLEY Manutede, dikenala sebagai jaksa idealis pemberani tak gentar walau ada ancaman terdakwa berduit. Selain berani dalam pengusutan kasus sebuah perkara, wanita cantik berkulit putih mulus ini menyenangi baju dari kain tenun NTT. Kepada EXPO NTT Shirley Manutede, SH, MH yang lahir di Kupang 11 Oktober 1975 ini mengaku mengkoleksi lebih dari 100 baju dalam berbagai bentuk dari kain tenun NTT.

Shirley Manutede Kolektor
“Koleksi cukup tapi tak terhitung, Tetapi cepat juga habis. Baju yang sudah saya pakai dua atau tiga juga karena ada yang beli teman di Kota Kupang. Jadi saya terpaksa beli baru dengan jenis dan motif baru pula. Saya senang pakai baju tenun karena ingin juga dikenal masyarakat luar khusus ibu-ibu,” jelas Shirley.
Selama jadi jaksa, menurut Shirley, sudah ratusan kasus yang ditangani seperti tindak pidana umum dan tindak pidana korupsi. Antara tugas sebagai jaksa Shirley terkesan identik mengenakan baju dari kain tenun. Selain lebih anggun, kata Shirley juga hoby dan misi agar tenunan NTT bukan saja disukai orang NTT tetapi juga orang dari luar NTT.
Kembali ketugas pokok sebagai jaksa idealis, Shirleyu mengaku, ”Kasus korupsi yang tersangkanya orang berduit dan bisa membayar berapa saja untuk menekan bahkan mengancam jaksa dengan berbagai cara saat melakukan tugas menyelidiki kasusnya. Tapi seberat apapun semua dapat terlewati dengan baik asal kita selalu berpegang pada aturan dan bertindak professional, proporsional serta selalu minta kekuatan dr Tuhan.” ♦ wjr