BMKG Imbau Masyarakat NTT Waspadai Angin Kencang dan Gelombang Tinggi

ilustrasi angin kencang

EXPONTT.COM – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat di Nusa Tenggara Timur (NTT) agar mewaspadai potensi angin kencang di wilayah NTT dan potensi kebakaran lahan di wilayah NTT.

Peringatan itu dikeluarkan BMKG pada Rabu 22 Juni 2022.

Sebelumnya, Stasiun Meteorologi Maritim Tenau-Kupang Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan gelombang tinggi berpeluang melanda enam titik perairan di NTT selama tiga hari ke depan.

Baca juga:Dari Kedokteran Hingga Seni Musik, Ini Jurusan Kuliah yang Dapat Diterima Jadi Perwira Prajurit Karier

“Gelombang laut dengan ketinggian berkisar antara 2,5-4 meter berpeluang terjadi pada 22-24 Juni 2022 sehingga perlu diwaspadai operator kapal maupun nelayan,” kata Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Tenau-Kupang Syaeful Hadi dalam keterangannya sebagaimana mengutip antaranews.

Ia mengatakan hal itu berkaitan dengan prakiraan cuaca di wilayah perairan NTT selama tiga hari ke depan.

Baca juga:Polisi Tangkap Kawanan yang Melakukan Penyekapan dan Penganiayaan Terhadap Pasutri di Sumba Timur

Keenam titik perairan laut di NTT yang berpeluang dilanda gelombang tinggi yaitu Selat Sumba bagian barat, Laut Sawu bagian utara, Laut Sawu bagian selatan, Samudera Hindia selatan Sumba-Sabu, Samudera Hindia selatan Kupang-Rote, dan perairan selatan Kupang-Rote.

Potensi gelombang tinggi, kata dia perlu diwaspadai karena berisiko tinggi terhadap pelayaran kapal feri maupun kapal tongkang dan kapal nelayan.

Operator kapal dan nelayan, perlu menghindari ancaman gelombang tinggi ketika berlayar melalui titik-titik perairan tersebut.

Baca juga:Penasihat Hukum Tak Hadir, Sidang Pemeriksaan Saksi Meringankan Randy Badjideh Ditunda