Film Woman From Rote Island Tembus Busan Internasional Film Festival

Produser dan pemain film Woman From Rote Island saat konferensi pers, Senin, 23 Oktober 2023 / foto: Gorby Rumung

EXPONTT.COM, KUPANG – Film Woman From Rote Island berrhasil menembus Busan Internasional Film Festival ke-28 tahun 2023 di Busan, Korea Selatan.

Film yang diperankan aktor dan aktris Nusa Tenggara Timur (NTT) itu berhasil masuk 30 film dari 1.500 film kategori World Premier Window Asian Cinema Busan Film Festival 2023.

“Dari 30 film terdapat 3 film Indonesia salah satunya Woman From Rote Island,” kata produser film Woman From Rote Island, Rizka Shakira, saat konferensi pers Senin, 23 Oktober 2023.

Baca juga: Laba Bank NTT September 2023 Terjun Bebas

Film garapan rumah produksi Bintang Cahaya Sinema dan Langit Terang Sinema itu mendapat sambutan positif dari para movie antusias yang hadir.

“Mereka spechless banget dengan film kita yang mengangkat tema kekerasan seksual terhadap perempuan dan laki-laki yang memang film ini dibuat bukan hanya untuk skala nasional namun juga internasional,” ungkapnya.

Rizka menyebut, film Woman From Rote Island akan melanjutkan perjalanan tour dan kompetisi keliling dunia dan juga mengikuti festival film di Indonesia hingga tahun depan, diantaranya, Barcelona, Manila, Jakarta Film Week, FFI dan JAFF.

Baca juga: Hakim Kabulkan Permohonan Praperadilan Tersangka Anggota DPRD Sumba Timur Umbu Tomi

Sementara itu, Van Jhoov yang berperan sebagai Damar dalam film tersebut mengatakan, dirinya merasa sangat senang bisa terlibat dalam film tersebut.

Dirinya bahkan mengenakan tenun NTT saat di Busan Internasional Film Festival. Hal tersebut dilakukannya memanfaatkan event internasional untuk memperkenalkan salah satu budaya NTT di kancah internasional.

“Ternyata sangat diperhatikan tenun yang saya pakai dan itu yang kita harapkan karena kita membawa nama negara, nama NTT. Ini menjadi kebanggaan,” imbuh Van Jhoov.

Baca juga: Praperadilankan Polres Kupang Kota, Kuasa Hukum Sebut Penetapan Marthen Konay Sebagai Tersangka Tidak Sah

Karena pembuatan film mengambil latar belakang di Rote, Rizka menyebut film Woman From Rote Island rencananya akan diputar perdana secara untuk umum di Kota Kupang.

Film karya sutradara Yeremias Nyangoen, terinspirasi dari kisah yang dekat dengan kehidupan sehari-hari dan diperankan pemain lokal asli NTT, membawa cerita tentang maraknya kasus kekerasan pada perempuan yang masih terjadi hingga saat ini di NTT.

Woman From Rote Island diperankan aktor dan aktis asli NTT diantaranya, Van Jhoov sebagai Damar, Irma Rihi sebagai Martha, Putri Moruk sebagai Koba,Orpa Padaleti Boling sebagai Oma Ana, Linda Adoe sebagai Orpa, Yuel Bani sebagai Habel dan Boy Leonard sebagai Kobis.♦gor

Baca juga: Dukung Polres Kupang Kota Hadapi Pra Peradilan Marthen Konay, Aliansi Peduli Kemanusiaan Gelar Aksi di PN Kupang