Izak Rihi Menang Gugatan di PN Kupang, Fraksi PAN DPRD NTT Sebut Kepercayaan Masyarakat ke Bank NTT Menurun

Anggota DPRD NTT, Jimur Siena Katrina / foto: Gorby Rumung

EXPONTT.COM, KUPANG – Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menyebut kepercayaan masyarakat terhadap Bank NTT telah menurun.

Hal tersebut bahkan sudah mulai terjadi akibat dari rentetan kasus yang menyeret nama Bank NTT di pengadilan, terutama pasca putusan PN Kelas IA Kupang yang memenangkan gugatan perdata Izhak Rihi terhadap Bank NTT.

“Di Manggarai saya saksikan sendiri beberapa tokoh besar di Kabupaten Manggarai mereka simpan uang puluhan hingga ratusan miliar di Bank NTT mereka tarik,” kata anggota Fraksi Jimur Siena Katrina, Selasa, 14 November 2023.

Baca juga: Kriminalisasi Terhadap PT SIM: Preseden Buruk Iklim Investasi di Indonesia

Dirinya menyebut, putusan PN yang memenangkan Izhak Rihi bagaikan fenomena gunung es yang menyimpan berbagai masalah yang masih belum terbuka di Bank NTT.

“Kan kita tidak tahu apa skenario besar yang terjadi di dalam, ini tidak bongkar ke kita, ini masih ada yang tertutup,” ungkap Jimur.

Untuk itu, Fraksi PAN mendesak Pemprov NTT untuk mengambil sikap tegas terkait dengan amar putusan majelis hakim PN Kupang yang membatalkan pencopotan Izhak Rihi sebagai direktur utama pada tahun 2022-2023. Dimana dalam putusan tersebut untuk membayar ganti rugi sebesar Rp 8,4 Miliar.

Baca juga: Menang Lawan Pemprov NTT, Kuasa Hukum PT SIM Harap Putusan Perdata Buka Wawasan Penyidik Kejaksaan

“Jangan anggap sepele putusan itu. Karena Bank NTT ini bukan pemprov saja tapi seluruh 22 Kabupaten/Kota juga sertakan modal disitu,” tegas Anggota DPRD NTT asal Manggarai ini.

Fraksi PAN juga meminta Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Luar Biasa yang dijadwalkan diselenggarakan pada 27 November 2023 dapat memberikan perubahan secara mekanisme dan struktur manajemen.

“Kalau memang harus ada perubahan dalam manajemen, ya dirubah, supaya kita orbitkan lagi manjemen yang lebih bagus, agar Bank NTT tetap berjalan dengan baik dan bertumbuh sebagai bank kebanggaan masyarakat NTT,” pungkasnya.♦gor

Baca juga: Ramalan Cuaca Provinsi NTT Rabu 15 November 2023, BMKG: Waspada Hujan Lebat Disertai Petir