Kapolda NTT Dimutasi, Ini Pengganti Johni Asadoma

Irjen Pol Johni Asadoma

EXPONTT.COM – Kepala Polisi Daerah (Kapolda) Nusa Tenggara Timur (NTT) Irjen Pol Drs Johni Asadoma, dimutasi dan ditarik ke Markas Besar (Mabes) Polri.

Melansir Digtara, Johni Asadoma di mutasi berdasarkan Surat Telegram Kapolri Nomor: ST/2750/XII/KEP./2023 pada Kamis, 7 Desember 2023.

Dalam keputusan tersebut, jendral bintang dua ini ditarik ke Mabes Polri untuk mengisi jabatan Analis Kebijakan Utama Bidang Misi Internasional (Misinter) Divisi Hubungan Internasional  (Divhubinter) Polri.

Baca juga: Presiden Jokowi Bagi-Bagi Sepeda di SMK Negeri 5 Kupang

Sementara pengganti Irjen Pol Asadoma, sesuai dengan keputusan Kapolri dalam keputusan nomor Kep/1645/XII/2023 menunjuk Irjen Pol Daniel Tahi Monang Silitonga, yang menjabat sebagai Kapolda Papua Barat.

Irjen Pol Johni Asadoma mengemban tugas sebagai Kapolda NTT sejak 14 Oktober 2022 lalu.

Lulusan Akademi Polisi (Akpol) tahun 1989 yang berpengalaman dalam bidang Brimob ini sebelumnya pernah menjabat sebagai Kepala Divisi (Kadiv) Hubinter Polri dan pernah memimpin kontingen Garuda Bhayangkara FPU Indonesia pertama yang bergabung dalam pasukan perdamaian PBB di Darfur.

Baca juga: Menpan-RB: Perekrutan ASN Akan Dilakukan Tiap Tiga Bulan

Sebelum masuk menjadi taruna Akpol, ia merupakan petinju nasional Indonesia (amatir) dengan berbagai prestasi nasional dan internasional.

Sedangkan, Irjen Pol Daniel Tahi Monang Silitonga yang juga jebolan Akpol 1990 menjabat sebagai Kapolda Papua Barat sejak 20 Juni 2022 lalu dan berpengalaman di bidang reserse.

Ia pernah menjabat sebagai Direaktur Reserse Kriminal Umum (Dirreskrimum) Polda Riau dan Polda Sumsel.

Ia juga pernah menjabat sebagai Wakil Direktur (Wadir) Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dirtipideksus) Bareskrim Polri, Kepala Biro (Karo) Binopsnal Bareskrim Polri dan Dirtipideksus Bareskrim Polri.(*)

Baca juga: Presiden Jokowi Kagum dengan Interior Katedral Kupang