Aspek Pendidikan Jadi Fokus Program Ketua Sinode GMIT Pdt Samuel Pandie

Ketua Sinode GMIT, Pdt Samuel Pandie

EXPONTT.COM, KUPANG – Ketua Sinode Gereja Masehi Injili di Timor (GMIT) Nusa Tenggara Timur (NTT) periode 2024-2027, Pdt. Samuel Pandie menegaskan bidang pendidikan menjadi perhatian serius di masa kepemimpinannya.

Mantan Ketua Klasis Kota Kupang Timur (K3T) ini menyebut, pengembangan sumber daya manusia (SDM) dalam hal ini penataan sekolah-sekolah GMIT masuk dalam program prioritas yang akan dilakukan setelah seremonial acara serah terima jabatan Ketua Sinode GMIT, Pdt. Samuel Pandie beserta 9 orang majelis sinode dan 57 ketua klasis terpilih yang akan dilaksanakan tanggal 10 Januari 2024.

Salah satu yang menjadi fokus pengembangan SDM yakni penataan Yayasan Pendidikan Kristen (Yapenkris) yang menaungi 596 sekolah-sekolah GMIT dengan jumlah tenaga pendidik mencapai 5ribu orang yang tersebar di seluruh NTT.

Baca juga: Puluhan Pedagang Pasar Geruduk DPRD Kota Kupang

“Dalam fokus pengembangan SDM maka aspek yang paling penting adalah pendidikan, menjadi perhatian serius pada sekolah-sekolah GMIT dengan persoalan yang kompleks,” Pdt. Samuel Pandie, Jumat, 5 Desember 2023.

Dirinya menjelaskan pengembangan SDM merupakan salah satu perwujudan visi misi gereja dalam pelayanan kepada jemaat yang termaktub dalam Rencana Induk Pelayanan (RIP) dan Haluan Kebijaksanaan Kebijaksanaan Umum Pelayanan (HKUP) GMIT dan juga Panca Pelayanan GMIT yakni, Koinonia (persekutuan), Diakonia (pelayanan Kasih), Liturgia, Marturia (Kesaksian) dan Penatalayanan (Oikonomia).

“Setiap pemimpin GMIT tidak memiliki visi misi sendiri, tapi bekerja berdasar RIP dan HKUP, sehingga prioritas utama kita fokus pada HKUP yang berkelanjutan dengan menekankan pada pengembangan SDM,” ungkapnya.

Baca juga:ASN di Pemkab Kupang Jadi MC di Kampanye Gibran, Bawaslu NTT: Dalam Proses

Selain itu, lanjut Pdt. Samuel Pandie, pengembangan di bidang lainnya juga akan dilakukan, seperti pelayanan klinik Ume Manekan Soe, Timor Tengah Selatan (TTS), pembenahan yayasan-yayasan GMIT dengan membangun Sekretariat Bersama untuk melihat peluang, potensi dan manfaat bagi jemaat sebagai basis GMIT hingga pengembangan fisik GMIT Center.

Jadwal serah terima jabatan Ketua Sinode periode 2024-2027 pada 10 Januari 2024 akan didahului dengan persiapan pengembalaan sehari sebelum seremonial serah terima.

Acara juga akan dirangkai dengan perhadapan 9 orang majelis sinode dan 57 ketua klasis terpilih dengan konteks acara gerejawi, yang diatur oleh majelis sinode periode yang lalu bersama dengan tuan rumah jemaat Gereja Getsemani.♦gor

Baca juga:Fresh Graduate Siap-Siap, Jokowi Akan Umumkan Lowongan CPNS Januari 2024