Penjabat Gubernur NTT Tinjau Balai Teknologi Tepat Guna di Desa Noelbaki

Penjabat Gubernur NTT, Ayodhia Kalake BTTG Kupang, Selasa, 9 Januari 2023 / foto: istimewa

EXPONTT.COM – Penjabat Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Ayodhia Kalake, mengunjungi Balai Teknologi Tepat Guna (BTTG) di Desa Noelbaki, Kabupaten Kupang, Selasa 9 Januari 2024.

Balai Teknologi Tepat Guna ini merupakan aset milik Pemerintah Provinsi NTT yang dikelola oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi NTT.

Peninjauan ini dilaksanakan untuk melihat langsung BTTG ini sebagai aset yang bermanfaat dalam menghasilkan teknologi tepat guna untuk digunakan bagi masyarakat dalam rangka salah satu tujuannya yaitu pemberdayaan ekonomi masyarakat.

Baca juga: Buka Pemetaan Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT, Pj Gubernur Harapkan Hasil Optimal

Dalam peninjauan ini, Penjabat Gubernur mengamati berbagai alat atau mesin sebagai teknologi tepat guna yang dihasilkan diantaranya mesin pengering kelor, alat pipil jagung, pengupas kacang tanah, alat bakar jagung, perajang keripik, perontok padi, dan mesin pencacah makanan ternak.

Penjabat Gubernur NTT Ayodhia juga melihat langsung proses demonstrasi mesin pencacah makanan ternak dengan menggunakan batang pohon pisang.

Penjabat Gubernur mengungkapkan, perlunya optimalisasi atau peningkatan produksi alat dan mesin teknologi tepat guna untuk membantu petani dan kelompok pengelola ternak, serta usaha mikro lainnya.

Baca juga: Naik Level, Gunung Lewotobi Laki-Laki Berstatus Awas, Masyarakat Diminta Lakukan Ini

“Kita perlu adanya usaha bersama untuk peningkatan produksi alat dan mesin tepat guna bagi petani, peternak serta usaha mikro untuk peningkatan ekonomi masyarakat,” ujar Ayodhia.

Ia menambahkan, keberadaan balai ini bila dimaksimalkan maka juga akan menambah Pendapatan Asli Daerah. Selain itu produksi alat dan mesin tepat guna sangat membantu masyarakat dalam sektor ekonomi dengan pemanfaatan potensi yang ada. Oleh sebab itu peran Pemerintah harus bergerak maksimal dalam hal ini.

Dalam peninjauan ini, Penjabat Gubernur turut didampingi Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi NTT Lecky Koli, Plt. Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Provinsi NTT Flori Rita Wuisan dan Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Grandi Angi.(*)

Baca juga: Viktor Laiskodat Sebut Penjabat Gubernur NTT Ayhodia Kalake Nam’kak atau “Tanganga”