KM Dharma Kartika V Resmi Berlayar Layani Rute Kupang-Surabaya PP

KM Dharma Kartika V mulai beroperasi layani rute Kupang-Surabaya 17 Februari 2024 / foto: Gorby Rumung

EXPONTT.COM, KUPANG – PT Dharma Lautn Utama (DLU) yang merupakan salah satu perusahaan armada pelayaran nasional, secara resmi melaunching operasi Kapal Motor (KM) Dharma Kartika V, Senin, 12 Februari 2024.

KM Dharma Kartika V akan melayani rute Kupang-Waingapu-Lembar-Surabaya Pulang-Pergi (PP) yang akan dua kali beroperasi dalam sepekan.

Direktur Operasional dan Usaha PT DLU, Rahmatika Ardianto mengucapkan terima kasih atas dukungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Nusa Tenggara Timur (NTT) hingga PT DLU bisa membuka rute di NTT.

Baca juga: Tokoh Muda Manggarai Barat Agustinus Taufan Ajak Masyarakat Gunakan Hak Pilih di Pemilu 2024

“Ini menjadi yang pertama setelah sepuluh tahun kita (PT DLU) vakum melayani rute ke NTT, baru tahun 2022 kami layani kembali rute ke NTT. Rute Surabaya Kupang menjadi rute ketiga yang dilayani PT BLU,” ungkapnya.

Dirinya menjelaskan, rute Surabaya menuju Kupang dengan menyinggahi Lombok dan Waingapu, KM Dharma Kartika V menjadi salah satu yang tercepat saat ini, dengan durasi perjalanan, kurang lebih 48 hingga 50 jam.

“Dari Surabaya ke Lembar-NTB kurang lebih kami tempuh dalam 12 jam, Lembar ke Waingapu sekitar 18 jam dan Waingapu-Kupang sekitar 12 jam. Jadi total perjalanan kurang lebih 48 hingga 50 jam. Ini lebih cepat dari yang sudah ada saat ini,” jelasnya.

Baca juga: FKUB Rote Ndao Keluarkan 7 Seruan Jelang Pemilu 2024

Rahmatika Ardianto menuturkan, rute Surabaya Kupang yang dibuka oleh PT DLU melalui KM Dharma Kartika V sebagai langkah untuk membantu pertumbuhan ekonomi di daerah NTT.

Kedepannya, PT DLU juga akan melakukan kajian untuk melayani konektivitas antar pulau di wilayah NTT.

Sehingga konektivitas dari Pulau Timor ke pulau-pulau lainnya bisa terjalin secara baik. “Harapannya, ketika konektivitas, maka pertumbuhan ekonomi juga lebih baik serta dispalitas harga tidak tinggi antara Pulau Jawa dan di luar Pulau Jawa,” tuturnya.

Baca juga: PT Astra Internasional Buka Lowongan Kerja Untuk 7 Posisi Sekaligus, Ini Syarat dan Cara Mendaftar

KM Dharma Kartika akan melayani rute Kupang-Waingapi-Lembar-Surabaya setiap hari Sabtu pagi dan rute sebaliknya, Surabaya ke Kupang setiap hari Selasa.

Sementara itu, Penjabat Wali Kota Kupang, Fahrensy Funay yang hadir mewakili pemerintah dalam acara launching, mengucapkan terima kasih kepada PT DLU yang hadir dan melayani masyarakat NTT khususnya untuk Pulau Timor dan Sumba melalui KM Dharma Kartika V.

“Ini menjadi kebanggaan bagi masyarakat Kota Kupang, sehingga bisa menikmati kapal yang luar biasa ini. Ini suatu catatan sejarah juga,” katanya saat sambutan.

Baca juga: PT Pegadaian Buka Lowongan Kerja, Hanya Sampai 14 Februari 2024

Dirinya juga memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya bagi PT DLU dan menyambut baik KM Dharma Kartika V. “Kami berikan apresiasi hadirnya KM Dharma Kartika V sehingga bisa menjadi alternatif moda transportasi bagi masyarakat,” ungkapnya.

Fahren berharap kedepannya PT DLU juga bisa membuka rute koneksi transportasi laut bagi masyarakat di wulayah lain di NTT, seperti di Alor dan Rote.

KM Dharma Kartika V akan mulai beroperasi pada 17 Februari 2024 dan akan berangkat sekali seminggu dari Kupang menuju Surabaya setiap hari Sabtu pagi dan tiba di Surabaya pada hari Senin, sementara rute sebaliknya, Surabaya-Kupang akan beroperasi setiap hari Selasa dan tiba di Kupang pada hari Kamis.

Untuk harga tiket, KM Dharma Kartika menjual tiket dari yang paling murah seharga Rp250 ribu hingga yang termahal Rp900 ribu.♦gor

Baca juga: Kronologi Istri Bakar Suami di Dalam Warnet