Intip Fasilitas KM Dharma Kartika V yang Layani Rute Kupang-Surabaya, Ada Barber Shop Hingga Lapangan Bola

Lobi utama KM Dharma Kartika V / foto: Gorby Rumung

EXPONTT.COM – PT Dharma Lautan Utama (PT DLU) yang merupakan salah satu perusahaan armada pelayaran nasional, secara resmi melaunching operasi Kapal Motor (KM) Dharma Kartika V, Senin 12 Februari 2024.

KM Dharma Kartika memiliki durasi perjalanan yang cepat, dengan panjang 153 meter kapal ini hanya mengahabiskan waktu sekitar 48 jam hingga 50 jam dari Kupang ke Surabaya dengan menyinggahi Waingapu dan Lembar.

Selain memiliki durasi perjalanan yang cepat, KM Dharma Kartika V juga dilengkapi dengan fasilitas yang bisa membuat penumpang betah menikmati perjalanan laut.

Baca juga: KM Dharma Kartika V Resmi Berlayar Layani Rute Kupang-Surabaya PP

Dharma Kartika dilengkapi dengan geladak kendaraan dua lantai yang dapat menampung hingga 100 kendaraan besar seperti truk barang dan muatan lainnya, serta dan 97 kendaraan kecil atau dapat memuat sekitar 300an kendaraan campuran.

Untuk penumpang di KM Dharma Kartika, terdapat sejumlah kelas dari ekonomi hingga VIP dengan kapasitas penumpang total 1002 orang.

“Ruang duduk ekonomi kapasitas 72 orang, yang juga dilengkapi panggung dengan berbagai pertunjukan yang bisa dinikmati penumpang,” jelas Direktur Operasional dan Usaha PT DLU, Rahmatika Ardianto saat acara launching operasional KM Dharma Kartika V.

Baca juga: PT Pegadaian Buka Lowongan Kerja, Hanya Sampai 14 Februari 2024

Untuk kelas yang dilengkapi dengan tempat tidur terdapat beberapa pilihan, diantaranya, kelas ekonomi dengan tempat tidur kapasitas 338 penumpang, kelas III 160 penumpang, kelas II 234 penumpang dan VIP kapasitas 22 orang.

“Serta ruang khusus pengemudi dengan kapasitas 144 orang,” tambahnya.

Untuk fasilitas penunjang, KM Dharma Kartika dilengkapi dengan lift yang dapat digunakan penyandang difabel dan lansia, barber shop, ruang bermain anak, ruang baca, ruang medis, pusat informasi, ruang ibu dan anak, ruang karaoke, swalayan, cafetaria, mini podcast atau siniar ruang fitnes hinga swafoto.

Lapangan Mini Soccer KM Dharma Kartika V / foto: Gorby Rumung

KM Dharma Kartika V akan mulai beroperasi pada 17 Februari 2024 dan akan berangkat sekali seminggu dari Kupang menuju Surabaya setiap hari Sabtu pagi dan tiba di Surabaya pada hari Senin, sementara rute sebaliknya, Surabaya-Kupang akan beroperasi setiap hari Selasa dan tiba di Kupang pada hari Kamis.

Untuk harga tiket, KM Dharma Kartika menjual tiket dari yang paling murah seharga Rp250 ribu hingga yang termahal Rp900 ribu.♦gor

Fasilitas Gym KM Dharma Kartika V / foto: Gorby Rumung
Lorong kamar kelas II dan kelas III KM Dharma Kartika V / foto: Gorby Rumung