Pilgub NTT 2024: Peluang Koalisi Golkar-PSI dan Pasangan Melki Laka Lena-Jane Natalia Suryanto

Ketua DPD I Golkar NTT, Melki Laka Lena saat mendaftar sebagai balon Gubernur NTT di DPW PSI NTT diterima langsung oleh Ketua DPW PSI NTT, dr. Christian Widodo, Sabtu, 25 Mei 2024 / foto: Gorby Rumung

EXPONTT.COM, KUPANG – Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) I Golkar Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) Melki Laka Lena secara resmi mendaftar sebagai bakal calon Gubenur NTT 2024-2029 di Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Provinsi NTT, Sabtu, 25 Mei 2024.

Pendaftaran Melki Laka Lena sebagai bakal calon Gubernur NTT ke PSI membuka peluang koalisi Golkar dan di pertarungan Pemilihan Gubernur (Pilgub) NTT 2024.

Golkar dengan raihan sembilan kursi dan PSI dengan enam kursi di DPRD NTT pada pileg 2024 menjadikan kedua partai akan saling melengkapi untuk menjadi koalisi dan melangkah di Pilkada NTT.

Baca juga: Sama-sama Dapat Rekomendasi PAN, Melki Laka Lena dan Jane Natalia Suryanto Jadi 1 Paket di Pilgub NTT?

Dalam kesempatannya, Melki Laka Lena menyebut Golkar dan PSI memiliki hubungan yang baik sejak lama, hingga bekerja bersama-sama memenangkan Prabowo-Gibran sebagai Presiden dan Wakil Presiden 2024-2029.

“PSI bukan orang lain bagi Golkar. Saya pikir PSI dan Golkar tidak pernah ada dinamika yang serius, dari zamannya Sis Grace Natali sampai sekarang Mas Kaesang kayaknya bagus-bagus saja hubungannya,” ungkapnya.

Sementara, secara pribadi, Melki mengaku telah menjalin hubungan baik dengan Ketua DPW PSI NTT, dr Christian Widodo sejak lama. “dr Chris ini juga bukan orang lain, kita sudah sering komunikasi dan momen ini menegaskan apa yang harus kita bangun secara bersama,” ujarnya.

Baca juga: PKB Sebut Melki Laka Lena Putra Terbaik yang Akan Hapus Stigma Negatif NTT

Diketahui Melki Laka Lena mendaftarkan diri sebagai bakal calon Gubernur NTT di partai-partai politik yang telah bergabung sebelumnya di Koalisi Indonesia Maju, kecuali PKB. “Saya daftar ke partai yang belum ada calonnya. Kita harus hormati partai yang sudah ada calon gubernurnya juga,” tambahnya.

Terkait dengan rumor dirinya akan berpasangan dengan Jane Natalia Suryanto di Pilgub 2024, Melki mengaku tak mau terburu-buru dan menanti proses yang berjalan disetiap partai hingga mengerucut pada nama yang disepakati bersama dengan koalisi yang terbentuk nanti.

“Nanti di partai di tingkat I (provinsi) dan pusat sudah mengerucut, pasti kita akan duduk bersama dengan semua koalisi partai di tingkat provinsi. Nanti di tingkat pusat juga akan kita sampaikan hasilnya, agar siapa yang maju ke gubernur dan wakil gubernur ini menjadi kesepakatan bersama,” jelasnya.

Baca juga: Gerak Cepat Yohanis Landu Praing Demi Penuhi Modal Inti Bank NTT

Dirinya menyebut hasil survei pastinya akan juga menentukan pasangan yang akan bertarung di Pilkada nanti. “Partai pasti maunya survei karena lebih mudah menentukan pilihan,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua DPW PSI NTT, dr Christian Widodo mengatakan, PSI secara internal juga memiliki sejumlah mekanisme dalam menentukan figur yang akan didorong untuk maju Pilgub NTT seperti yang ada di partai politik lainnya.

Dirinya juga menegaskan PSI siap berkomitmen jika kembali bekerja sama dengan Golkar untuk Pilkada NTT. Untuk itu dirinya berharap maknisme di PSI dan Golkar bisa berjalan dengan baik kedepannya.

“Kalau memang nanti bertemu di satu titik pasti tidak kemana-mana. Dan pasti PSI akan komitmen jika memang harus bersama,” ujarnya.

Baca juga: 77 Pemain Akan Ikut Seleksi Tim Futsal NTT untuk PON XXI Aceh-Sumut 2024

Terkait dengan potensi pasangan Melki Laka Lena dan Jane Natalia Suryanto di Pilgub NTT 2024, dr Chris Widodo mengatakan semuanya kembali ke masyarakat dan Tuhan yang akan menentukan serta proses yang ada di partai.

“Biarkan ini berproses sesuai mekanisme, mana kala Tuhan izinkan, masyarakat dan partai izinkan Pak Melki dan Ibu Jane berjodoh pasti nanti ketemu,” pungkasnya.♦gor

Baca juga: OJK Setujui Perubahan Pengurus Bank NTT Sesuai Hasil RUPS-LB