Dua Siswa NTT Masuk Paskibraka Upacara HUT ke-79 Kemerdekaan Indonesia di IKN

Dua pelajar SMA NTT jadi anggota Paskibraka HUT ke-79 RI di IKN

EXPONTT.COM, KUPANG – Dua siswa dan siswi Sekolah Menengah Atas (SMA) Nusa Tenggara Timur (NTT) terpilih menjadi anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) pada Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia, di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, 17 Agustus 2024.

Dua siswa tersebut yakni, Frumentius Arison Ngongo dari SMA Seminari Santo Alfonsus Weetebula, Sumba Barat Daya dan Jessica Kristin Henuk dari SMA Negeri 1 Lobalain, Kabupaten Rote Ndao.

Dua siswa asal Nusa Tenggara Timur (NTT) terpilih menjadi anggota Paskibraka di Ibu Kota Negara (IKN). Mereka siap mengibarkan Bendera Pusaka pada Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan ke-79 RI, 17 Agustus 2024.

Baca juga:Β Gegara Basoeki, Ketua DPRD Kota Kupang dan Ketua Fraksi NasDem Adu Mulut Saat Sidang Paripurna

Keduanya adalah Frumentius Arison Ngongo berasal dari SMAS Santo Alfonsus Weetebula, Sumba Barat Daya dan Jessica Kristin Henuk dari SMAN 1 Lobalain, Kabupaten Rote Ndao.

Jessica Kristin Henuk, mengaku bangga serta senang bisa menjadi perwakilan NTT, yang perdana mengibarkan bendera pusaka Merah Putih di IKN.

“Sangat senang, kesempatan sekali seumur hidup yang tak tak terlupakan. Saya bangga seumur hidup, dan ini tak terlupakan,” ujar Jessica kepada detikBali, Rabu, 26 Juni 2024 via telepon.

Baca juga:Β Rakyat NTT Inginkan Pasangan Melki Laka Lena-Jane Natalia Suryanto di Pilgub 2024

Ia menjelaskan, sejak dibangku Sekolah Menengah Pertama (SMP), telah berlatih paskibraka hingga memasuki Sekolah Menengah Atas (SMA).

“Sejak SMP kelas IX sudah mulai latihan. Namun, lebih seriusnya saat kelas X, saat telah mendaftarkan diri mengikuti tes paskibraka tingkat kabupaten dimana kami dilatih oleh pelatih dan kakak-kakak purna, lebih serius lagi,” katanya.

Ia mengapresiasi pelatihnya yang telah membimbingnya sejak dibangku SMP, dalam mengikuti ekstrakurikuler. “Mentor saya Pak Simson Nullek yang telah melatih saya sejak SMP, saat saya mengikuti ekstrakurikuler paskibra sampai persiapan saya untuk mengikuti verifikasi calon paskibraka tingkat provinsi. Selain itu kakak-kakak purna yang ada di SMA Negeri I Lobalain, juga terimakasih telah mendukung saya,” ungkapnya Jessica.

Baca juga:Β Persidangan Perkara Terdakwa Hartono Fransiscus Xaverius

Menurutnya, tahapan yang dilalui cukup ketat dengan seleksi dari tingkat kabupaten hingga provinsi hingga terpilih untuk mewakili NTT, sebagai anggota paskibraka di IKN.

“Berawal dari saya lolos menjadi paskibraka tingkat kabupaten lalu mewakili kabupaten Rote Ndao di provinsi, melalui seleksi yang ketat hingga ke lolos ditingkat provinsi.” ujarnya.