Rayakan 2 Dekade, RSU Mamami Kupang Jamah Warga Pulau Semau

Baksos RSU Mamami dalam rangka HUT ke-20 di Desa Otan, Pulau Semau, Kabupaten Kupang, Sabtu, 6 Juli 2024 / foto: Gorby Rumung

EXPONTT.COM, KUPANG – Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) yang ke-20 yang jatuh pada 28 Agustus 2024, Rumah Sakit Umum (RSU) Mamami Kupang menjamah warga di Pulau Semau, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) menggelar bakti sosial (baksos), Sabtu, 6 Juni 2024.

Bakti sosial yang digelar di Kantor Desa Otan, Pulau Semau ini mendapat antusias dari kurang lebih 250 warga setempat.

Ketua Panitia Baksos HUT ke-20 RSU Mamami, dr Michael Alexander Damanik, Sp. THT., B.K.L. mengatakan, untuk perayaan tahun ini, RSU Mamami melakukan sebanyak empat kali baksos yang dilakukan di empat lokasi, salah satunya di Desa Otan.

Baca juga: Pemkot Kupang Sudah Vaksin 4.083 Anjing

“Sebelumnya sudah dilakukan baksos di Desa Manusak daerah Naibobat, kemudian yang kedua di Panti Asuhan GMIT 221, Kota Kupang, yang ketiga di Desa Otan ini dan yang terakhir nanti di Desa Tabalolong, Kabupaten Kupang, pada 17 Agustus nanti sekalligus memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia,” jelas Michael.

Dalam baksosnya di Desa Otan, RSU Mamami memberikan pelayanan kesehatan gratis dengan membawa serta peralatan dan dokter spesialis berbagai bidang.

Baca juga:  Pilgub NTT: PAN Sebut Jane Natalia Suryanto Wakil yang Tepat untuk Melki Laka Lena

Mulai dari dokter spesialis penyakit dalam, obgyn, urologi, bedah dan dokter spesialis telinga hidung dan tenggorokan (THT) dengan bekerja sama dengan Perhimpunan Dokter Spesialis Telinga Hidung dan Tenggorokan Bedah Kepala Leher Indonesia (Perhati-KL) Cabang Bali-NTT.

Warga Desa Otan antusias mengakses pelayanan kesehatan gratis RSU Mamami di Kantor Desa Otan, Sabtu, 6 Juni 2024 / foto: Gorby Rumung

“Dokter spesialis obgyn, kita bawa juga alat USG-nya, jadi ibu-ibu bisa USG di baksos ini, yang dokter urology juga kita bawa alat USG. Ada juga pemeriksaan lab sederhana dan ada bagaian dari gigi juga,” terang Michael.

Baca juga: Diduga Lakukan Korupsi, Anggota DPRD Minta Kepala SMAN 3 Kupang Dicopot

Kegiatan ini juga bekerja sama dengan Puskesmas Uitao untuk mengambil bagian dalam baksos. “Kita pilih baksos di Pulau Semau karena dari hasil survey, akses fasilitas kesehatan yang masih agak sulit dijangkau masyarakat. Disini jumlah puskesmasnya sedikit, jarak antar puskesmas juga jauh, namun jumlah KK-nya banyak,” ujarnya.

Michael Damanik, berharap RSU Mamami kedepannya mampu untuk melakukan baksos di kabupaten-kabupaten di NTT yang warganya masih kesulitan mengakses fasilitas kesehatan.

Baca juga:  PADMA dan KOMPAK Siap Dampingi Wartawan NTTHits.com yang Ungkap Mafia BBM di NTT

Selain menggelar pelayanan kesehatan gratis, RSU Mamami juga menyerahkan bantuan peralatan untuk Kantor Desa Otan dan Puskesmas Uitao. “Untuk kantor desa kita serahkan tandon air 1.200 liter dan untuk puskesmas kita serahkan dua buah tempat tidur,” tandasnya.

Baca juga: ACFFest 2024 di Kota Kupang, 1 Dekade Komitmen KPK Berantas Korupsi Lewat Seni

Sementara itu, Ketua Yayasan RSU Mamami, Reinhard Damanik, mengatakan di usia ke-20 tahun, RSU Mamami bisa terus memberikan pelayanan maksimal dan profesional untuk masyarakat Kota Kupang.

Ketua Yayasan RSU Mamami, Reinhard Damanik / foto: Gorby Rumung

“Dengan meningkatnya tipe RSU Mamami dari tipe D ke tipe C, tentunya dengan menambah jenis pelayanan kesehatan dengan penambahan jumlah dokter spesialis dan penambahan tempat tidur mudah-mudahan jumlah pasien yang bisa kita terima bisa kita terima,” katanya disela-sela baksos.

Di usia ke-20 dirinya berharap, RSU Mamami dan pemerintah bisa bersinergi demi pelayanan terbaik untuk masyarakat. “Kita juga butuh untuk disupport oleh pemerintah, bagaimana pihak swasta dan pemerintah bersinergi untuk bagaimana kita memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat,” jelasnya.

Baca juga: Anggota DPRD Kota Kupang Terpilih Jadi Tersangka Kasus Kredit Fiktif Bank NTT Senilai Rp100 Miliar

“Artinya pemerintah sebagai pemegang regulasi dan pendanaan BPJS bisa dilancarkan dan dipermudah karena semua tujuannya adalah memberikan layanan terbaik untuk masyarakat,” pungkasnya.

Baca juga:  Anita Gah Tolak Tawaran Jadi Calon Wakil Gubernur NTT, “Tak Mau Khianati Kepercayaan Tuhan dan Rakyat”

Kegiatan Baksos RSU Mamami Kupang juga dihadiri oleh Pembina Yayasan RSU Mamami Kupang, Rolina Butar Butar dan Ketua Dewan Pengawas RSU Mamami, Bobby Damanik.

Jajaran Pimpinan RSU Mamami Kupang bersama para dokter dan tenaga medis usai menggelar baksos di Desa Otan / foto: Gorby Rumung

Sementara itu, Kepala Desa Otan, Yapi Rolet Holbala, mengaku sangat antusias dengan baksos yang digelar RSU Mamami Kupang. “Ini yang pertama buat warga Desa Otan, dan kami sangat bangga. Ini luar biasa, masyarakat menyambut baik,” ujarnya.

Dirinya mengatakan dengan fasilitas yang dibawa dan dokter yang ikut dalam baksos ini, pemerintah dan masyarakat Desa Otan menyampaikan terima kasih kepada RSU Mamami Kupang. “Terima kasih biarlah rumah sakit ini beserta dokter dan segala fasilitasnya diberkati oleh Tuhan,” pungkasnya.♦gor

Baca juga: PTS di NTT Punya Kualitas yang Sama dengan PTS di Luar NTT