Polisi dan Warga Amankan Pria yang Diduga Membunuh Bocah 8 Tahun di Sikka

  • Bagikan
sikka
Polisi dan Warga Amankan Pria yang Diduga Membunuh Bocah 8 Tahun di Sikka

EXPONTT.COM – Aloysius Lada (38), pria yang diduga membunuh keponakannya sendiri VV (8) di Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada pekan lalu, akhirnya diringkus pada Senin 20 Desember 2021.

Alosius Lada kabur pasca VV meninggal sejak Selasa 14 Desember 2021 lalu. Saat diamankan Aloysius membawa sebilah parang.

Kronologi

Dilansir dari digatara.com, Brigpol Yos Arnoldus Sudarso Say, Bhabinkamtibmas Desa Nirangkliung, Kabupaten Sikka menjelaskan kronologi penangkapan dan upaya pencarian pelaku yang dilakukan sejak Rabu 15 Desember 2021.

Yos dan rekan Bhabinkamtibmas yang lain, Bripka Virgis mengikuti upacara penguburan di Dusun Detunglikong desa persiapan Karakabu, Kabupaten Sikka.

Baca juga: Diterbangkan dari Bali, Jenazah Frans Lebu Raya Akan Tiba di Kupang Siang Ini

“Sambil ikut acara pemakaman VV, kami stand by di rumah duka sampai pukul 22.00 WITA,” ujarnya, Senin 20 Desember 2021.

Pada Jumat 17 Desember 2021, Bhabinkamtibmas Bripka Virgis bersama Kanit Buser dan anggota Buser Polres Sikka bersama Kons ke kampung Don Pitung untuk melihat situasi lokasi pondok milik pelaku.

Saat itu, aparat kepolisian dan masyarakat Kampung Rabo dan Dong Pitung, Dusun Detunglikong mencari pelaku di sekitar kebun yang biasa dilalui pelaku.

Sabtu 18Desember 2021, tim Buser Polres Sikka bersama masyarakat masih mencari pelaku walaupun saat itu sedang hujan lebat.

Baca juga: Megawati Minta Seluruh Kader Partai PDIP Beri Penghormatan Kepada Frans Lebu Raya

Sekitar pukul 18.00 WITA, Kanit Buser bersama anggota Polsek memilih pulang dan meminta keluarga pelaku membuat acara/upacara adat agar pelaku juga hadir dan mudah ditangkap polisi.

Minggu 19 Desember 2021, keluarga korban dan pelaku membuat upacara adat agar pelaku mudah ditangkap. Namun pelaku tetap bersembunyi.

Baru pada Senin 20 Desember 2021 pagi sekitar pukul 07.30 WITA, warga melihat pelaku berjalan melewati sungai Bei Dogong Desa Nirangkliung.

Salah satu warga kemudian menelepon Brigpol Yos Arnoldus Sudarso Say dan menceritakan kejadian sehingga Brigpol Yos pun meluncur ke sekitar sungai.

Baca juga: Jenazah Mantan Gubernur NTT Frans Lebu Raya Dipastikan Akan Dimakamkan di Adonara

Anggota Bhabinkamtibmas bersama masyarakat Watuwulang pun berjaga di sungai watuwulang untuk menyergap pelaku.

“Dilihat dari aliran air sungai, kami pastikan bahwa pelaku pasti akan melewati kali watuwulang,” ujar Brigpol Yos Arnoldus Sudarso Say.

Karena antusias masyarakat Nirangkliung maka setiap titik dijaga masyarakat.

Goris (sepupu kandung pelaku) sempat memanggil pelaku dan mengajak pulang. Tanpa perlawanan dari pelaku maka, Goris berhasil menangkap dan mengamankan Aloysius.

Baca juga: Bocah Perempuan di Sikka Ditemukan Tewas Mengenaskan di Kebun Ayahnya

Brigpol Yos langsung ke lokasi untuk membantu mengamankan pelaku karena kuatir akan dihajar massa. Pelaku pun diinterogasi dan kemudian dibawa ke Polres Sikka untuk diperiksa polisi.

  • Bagikan