Kronologi Terbakarnya Gudang Alkes RSUD Waingapu

rsud

EXPONTT.COM – Rumah Sakit Umum Daerah ( RSUD ) Umbu Rarahema, Waingapu, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur ( NTT ) terbakar, kebakaran itu menimpa area gudang alat kesehatan dan arsip yang terletak di kompleks belakang rumah sakit pada Jumat 6 Agustus 2021 petang.

Seorang petugas dapur rumah sakit, Kristina Ndapa (37) mengaku mengaku mengetahui peristiwa kebakaran itu sekitar pukul 16.30 WITA.

Saat sedang memasak di dapur rumah sakit, ia melihat kepulan asap yang keluar dari atap gudang rumah sakit yang berada tepat dibelakang RSUD Umbu Rarameha.

Melihat kejadian itu, Kristina pun berteriak memanggil memanggil satpam rumah sakit dan memberitahu perihal kejadian tersebut.

Baca juga: BMKG Sebut Belum Ada Bibit Siklon yang Sebabkan Badai di NTT

Satpam langsung ke lokasi kebakaran dengan membawa peralatan APAR (Alat Peralatan Api Ringan) guna memadamkan api yang sedang menyala, namun tidak berhasil memadamkan api yang terus membesar hingga melahap seluruh bangunan gedung dan barang yang ada didalamnya.

Mobil AWC milik Polres Sumba Timur dan mobil pemadam kebakaran Pemda Sumba Timur diterjunkan ke lokasi untuk memadamkan api.

Kasat Sabhara Polres Sumba Timur Iptu Heribertus Sidi beserta anggota piket jaga Polres Sumba Timur, anggota Polsek Waingapu Kota, Bhabinkatibmas Kelurahan Kambajawa dan anggota Kodim 1601/Sumba Timur juga ke lokasi kebakaran guna memadamkan api yang masih membesar.

Baca juga: Peringatan Dini BMKG Sabtu, 7 Agustus 2021: Waspada Cuaca Ekstrem di 25 Wilayah Indonesia

“Api cepat membesar karena pada gudang tersebut terdapat barang yang mudah terbakar,” ungkap Kasat Sabhara Polres Sumba Timur Iptu Heribertus Sidi.

Sekitar pukul 18.05 WITA, api berhasil dipadamkan oleh mobil AWC Polres Sumba Timur dan mobil pemadam kebakaran Pemda Kabupaten Sumba Timur dibantu 5 unit mobil tangki air.

Diperoleh informasi kalau gudang yang terbakar tersebut merupakan tempat penyimpanan barang alkes bekas pakai dan arsip-arsip lama yang sudah tidak terpakai.

Tidak ada korban jiwa pada peristiwa kebakaran gudang tersebut dan api cepat dipadamkan sehingga tidak merambat pada bangunan lain Rumah Sakit Umum.

Baca juga: Bupati Ende Tinjau SMKN 7 di Monu Yang Tertimbun Lonsor

Hingga saat ini belum diketahui secara pasti penyebab terjadinya kebakaran dan kerugian yang dialami oleh pihak RSUD.

Polisi dari Polres Sumba Timur masih melakukan olah tempat kejadian perkara dan memasang garis polisi.

Polisi juga mengamankan sejumlah barang bukti dan memeriksa beberapa pihak.