Prediksi Final UCL Manchester City vs Chelsea, Sejarah Tidak Menjamin Juara

  • Bagikan
manchester city vs chelsea

EXPONTT.COM – Manchester City dan Chelsea akan saling berhadapan di partai final Liga Champions Eropa musim 2020/2021.

Pertandingan final yang mempertemukan dua raksasa Inggris ini akan digelar di Estadio Do Dragao, Porto, Portugal pada 02.00 WIB, Minggu 30 Mei 2021.

Ini merupakan final pertama Manchester City setelah menjuarai Grup C. Pasukan Guardiola melaju ke babak delapan besar setelah menumbangkan Borussia Monchengladbach (agregat 4-0) di babak enam belas besar.

Di partai delapan besar Manchester Biru berhasil mengalahkan Borussia Dortmund dengan agregat 4-2, dan berhasil menyingkirkan finalis musim sebelumnya PSG dengan agregat 4-1.

Baca juga: Gagal Lolos ke Final UCL, Courtois Akui Kehebatan Chelsea

Sementara Chelsea, berhasil menjuarai Grup E yang waktu itu masih di bawah asuhan Frank Lampard.

Thomas Tuchel yang menjadi penerima tongkat estafet berhasil membawa The blues menjadi finalis liga Champions setelah dibabak enam belas besar mengalahkan Atletico Madrid dengan agregat 3-0.

Dibabak delapan besar menyingkirkan Porto (2-1) dan di semi final berhasil menghabisi sang raja Liga Champions Real Madrid dengan agregat 3-1.

Dalam perjalanan dari fase grup hingga menuju final kedua tim sama-sama kebobolan 4 gol.

Ini merupakan final Liga Champions pertama bagi Manchester City dan final yang ke-3 untuk Chelsea.

Sebelumnya Chelsea dua kali menembus final pada tahun 2007/2008 dan di musim 2011/2012 yang mana pada final itu Chelsea berhasil membawa pulang ‘si kuping lebar’.

Baca juga: Cerita De Bruyne Sebelum Tinggalkan Chelsea Pada 2014

Dua final Liga Champions Chelsea sebelumnya semuanya berakhir dengan adu penalti, final yang pertama kalah melawan Manchester United pada tahun 2008 (1-1, 5-6) dan menang melawan Bayern Munchen pada final 2012 (1-1, 4-3).

Namun apabila dilihat dari pengalaman pelatih kedua tim Manchester City memiliki Josep Guardiola yang sudah pernah dua kali menjuarai Liga Champions sebagai pelatih, yakni bersama Barcelona pada musim 2008/09 dan 2010/11.

Sementara itu, manajer Chelsea, Tuchel, baru musim lalu mencapai final kompetisi ini bersama PSG, dan kalah 0-1 dari Bayern Munchen.

Baca juga: Guardiola Peringatakan Chelsea: Saya Sangat Percaya Diri dan Pada Tim Saya

  • Bagikan