Yesus Anak Allah Dibaptis

  • Bagikan

♦ Renungan Minggu

Oleh : Fr. M. Yohanes Berchmans, Bhk

 

SEMANGAT PAGI, pada hari ini gereja katolik sejagat merayakan Pesta Pembaptisan Tuhan. Dan Injil hari ini dikisahkan tentang Yohanes pembaptis dan Yesus, Anak Allah Di Baptis (Luk. 3: 15 – 16. 21 – 22).

Yohanes Pembaptis adalah seorang tokoh yang di daulat untuk membaptis Yesus. Dengan demikian, misi Yohanes Pembaptis menjadi sempurna ketika ia membaptis Yesus di sungai Yordan. Yohanes Pembaptis sesungguhnya keberatan untuk membaptis Yesus, sebab dia tahu kalau Yesus itu adalah Anak Allah.

Dia berkata kepada semua orang ” aku membaptis kamu dengan air, tetapi Ia yang lebih berkuasa daripada aku, masih akan datang, dan membuka tali kasut Nya pun, aku tidak layak. Ia akan membaptis kamu dengan Roh Kudus dan dengan api”.

Lagi lagi Yohanes Pembaptis menunjukkan jiwa besarnya yang dengan rendah hati mengakui Yesus adalah Anak Allah. Dan dengan dibaptis Nya Yesus pada umur 30 tahun, oleh Yohanes Pembaptis di sungai Yordan, maka karya pelayanan Yesus sudah dimulai, seiring dengan terdengar suara dari surga yang mengatakan bahwa Yesus adalah Anak Allah. Dan dari peristiwa pesta pembaptisan Tuhan ini, kita pun bisa memahami bahwa makna dari sakramen baptis yang kita terima, yakni kita bersatu dengan Yesus dan kita pun menjadi anak anak Allah. Itu menjadi makna yang pertama.

Makna yang kedua adalah kelahiran baru sebagai anak Allah. Oleh karena mereka yang dibaptis di beri nama baru, menunjukkan identitas baru. Makna yang ketiga adalah sebagai pengampunan dosa. Artinya dengan baptisan kita mati terhadap dosa, agar kita dapat hidup untuk Allah.

Oleh karena itu, pesta pembaptisan Tuhan ini, juga dapat dijadikan momentum pembaharuan janji baptis kita, agar kita dilahirkan secara baru, dengan mati terhadap dosa, sehingga kita kembali hidup sebagai anak anak Allah, yang diwujudkan lewat cara hidup, cara bersikap, cara berperilaku, cara bertutur kata dan cara bertindak yang baik dan benar serta menyenangkan hati Tuhan dan sesama. Semoga demikian.

Selamat Berhari Minggu, Hari Raya Pesta Pembaptisan Tuhan 🙏🙏

  • Bagikan