Besok, Sidang PT SIM Gugat Pemprov NTT berlanjut, Kuasa Hukum Bakal Hadirkan Saksi Ahli

Hotel Plago, yang terletak di Pantai Pede, Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT

EXPONTT.COM, KUPANG – Sidang lanjutan kasus terkait pemutusan hubungan kerja terkait pembangunan dan pengelolaan Hotel Plago, di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) dengan penggugat PT. Sarana Investama Manggabar (PT SIM) melawan tergugat Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTT dan BUMD PT Flobamor akan berlanjut Selasa 25 Juli 2023.

Dengan agenda persidangan pemeriksaan saksi yang dari pihak tergugat, Kuasa Hukum PT SIM, Khresna Guntarto, S.H., M.Kn., mengatakan pihaknya akan menghadirkan saksi ahli di persidangan yang akan digelar di Pengadilan Kelas IA Kupang.

“Dalam sidang berikut kami akan hadirkan ahli di bidang hukum administrasi negara/pemerintahan yang akan menjelaskan bahwa Kontrak (Perjanjian) antara swasta dengan pemerintah daerah juga harus dihormati oleh Pemerintah Daerah dan tidak bisa diputus seenaknya oleh Pemprov sendiri,” kata Khresna saat diwawancarai beberapa waktu lalu.

Baca juga: Siswa Baru SMA Seminari Santo Rafael Oepoi Jalani MOS, ‘Rumah Cita dan Cinta’

Dirinya mengatakan, Pemprov NTT dalam hubungan kerja sama dengan PT SIM harusnya menghormati hak dari kliennya hingga selesainya perhanjian.

“Sebab, pemerintah daerah sekalipun mereka adalah lembaga publik tetap tunduk pada hukum privat bila melakukan hubungan yang sifatnya keperdataan dengan pihak swasta,” jelasnya.

Selain saksi ahli, pihak penggugat juga akan menghadirkan saksi lain yang juga terlibat dalam pengelolaan Hotel Plago.

Baca juga: Diputus Perjanjian Kerja Secara Sepihak, PT. SIM Gugat Pemprov NTT

Sebelumnya, pada sidang pemeriksaan saksi penggugat pada 11 Juli 2023 lalu, dua saksi telah dihadirkan oleh kuasa hukum dalam kasus dengan nomor perkara Nomor: 302/PDT.G/ 2022.

PT SIM menggugat Pemprov NTT dan PT Flobamor atas pemutusan hubungan kerja oleh Pemprov NTT Terkait
terkait pemutusan hubungan kerja (PHK) sepihak yang dilakukan Pemprov NTT terkait pembangunan Hotel Plago, di Pantai Pede, Labuan Bajo, Manggarai Barat.

Khresna Guntarto, S.H., M.Kn., usai persidangan di PN Kupang, Selasa, 11 Juli 2023, mengatakan, PT SIM diputus hubungan kerja oleh Pemprov NTT lantaran menolak tuntutan Pemprov NTT yang meminta kenaikan besaran kontribusi tahunan yang naik mencapai 300% lebih tanpa dasar dan alasan yang jelas, padahal hotel baru beroperasi pada pertengahan tahun 2019 dan pada bulan April 2020, PT SIM langsung diminta hengkang dari Pantai Pede oleh Pemprov NTT.

Menurut Khresna, PHK yang dilakukan oleh Pemprov NTT tidak wajar dan tanpa alasan yang jelas.♦gor

Baca juga: Sepatu Andmesh Kamaleng Curi Perhatian Saat Konser di Kupang, Segini Harganya

Ikuti berita dari EXPONTT.com di Google News