Hidup Sehat Hingga Usia 100 Tahun, Bagaimana Caranya?

Denny JA

 

Hidup bahagia dan sehat hingga usia 100 tahun lebih, mungkinkah itu?

Kita mulai dengan berita. Ini dari Time Magazine di tahun 2018, 15 Februari. Beritanya soal lima tempat di mana banyak orang yang hidup paling panjang dan paling sehat.

Data berikutnya tentang orang-orang yang hidup di atas 100 tahun lebih. Ternyata konsentrasi mereka yang hidup 100 tahun lebih, itu terbanyak di Okinawa. Dari 100.000 orang yang hidup di sana, terdapat 81 orang pria dan wanita yang usianya di atas 100 tahun. Okinawa satu pulau di Jepang.

Kedua, di Jepang secara nasional sebagai negara. Juga banyak di sana rata-rata dari 100 ribu orang, ada 48 orang yang hidup di atas 100 tahun. Kemudian disusul oleh Perancis lalu, di Amerika Serikat.

Penting untuk kita tahu mengapa di Okinawa banyak orang yang hidup di atas 100 tahun? Sudah ada riset di sana. Ini empat prinsipnya, dan prinsip ini bisa kita kerjakan dan lakukan walau kita bukan orang Okinawa.

Prinsip pertama ini disebut Hara Hachi Bu. Jika kita artikan secara populer: berhentilah makan sebelum kenyang.

Di badan kita cukuplah diisi 80% saja oleh makanan, walau kita sedang punya hasrat makan yang sangat tinggi. Biarkanlah 20% di tubuh kita itu tetap kosong. Itu justru baik untuk sirkulasi hormon di badan kita. Makanan sehari- hari penduduk Okinawa adalah Ubi ungu, rumput laut, buah- buahan dan sayuran.

Prinsip kedua: berjalanlah, bergeraklah, olahragalah, dalam sehari minimal 30 menit. Carilah momen untuk bergerak di mana pun kita berada: di rumah, atau di kantor, atau di ruang publik.

Ketika kita bergerak, bukan hanya fisik kita yang aktif, tapi juga hormon di kepala kita pun aktif membuat pikiran kita rileks.

Prinsip ketiga: akrablah dalam komunitas, dalam hubungan personal yang hangat. Carilah waktu untuk bersama-sama dengan keluarga, dengan sahabat, dengan komunitas, atau dengan orang-orang yang kita cintai.

Dalam kebersamaan itu, ekspresikan kasih sayang, sharing pengalaman, tumbuhkan hidup yang saling peduli, saling membantu, sebarkan optimisme.
Kebersamaan seperti itu memberi kehangat yang diperlukan batin kita.

Prinsip keempat, yang terpenting, miliki tujuan hidup atau ikigai. Kita perlu memilih Life Calling, dan menetapkan. Dalam hidup ini, kita tidak hanya mengejar kepentingan pribadi. Tapi ada hal-hal yang lebih besar dari diri kita sendiri yang ingin kita perjuangkan.

Apakah itu lingkungan hidup, soal asasi manusia, atau hidup yang berderma, atau hidup penuh kebajikan, perjuangkan keadilan, dan sebagainya. Hal- hal besar itu memberikan meaning of life jika kita hayati dan ikut kita tegakkan sekecil apapun.

Charil Anwar mengatakan saya ingin hidup 1000 tahun lagi. Tapi hidup 100 tahun lebih itu sudah cukup.***

**Transkripsi yang diedit dari Video EKSPRESI DATA Denny JA (13/9/2023)

**(Dibolehkan mengutip atau menyebarkan tulisan ini)