NTT Butuh Josef Nae Soi dan Emi Nomleni

Emi Nomleni dan Josef Nae Soi / foto: istimewa

EXPONTT.COM – Di tengah perbincangan siapa calon Gubernur dan Wakil Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) 2024-2029, nama Josef Nae Soi dan Emi Nomleni ikut masuk ke bursa calon pemilihan kepala daerah (Pilkada) NTT 2024.

Wakil Gubernur NTT 2018-2022, Josef Nae Soi disebut akan maju sebagai calon Gubernur NTT 2024-2029. Dirinya digadang-gadang akan berpasangan dengan Ketua DPRD Provinsi NTT 2019-2024 sekaligus Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan) NTT, Emi Nomleni.

Dengan rekam jejak mentereng di NTT, keduanya menjadi pasangan yang dibutuhkan masyarakat NTT.

Baca juga: Dr.Drs. Josef Nae Soi, MM Sosok “Teladan Kemanusiaan”

Jos Nae Soi dibutuhkan saat NTT menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) XXII bersama NTB pada tahun 2028 mendatang. Dirinya akan menjadi orang yang tepat untuk kesuksesan penyelenggaraan PON nanti.

Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) NTT ini dengan segala kemampuannya berhasil meyakinkan KONI Pusat dan KONI seluruh Indonesia sehingga NTT menjadi tuan rumah PON pada 2022 lalu.

Ekspektasi tinggi bahkan telah dilontarkan oleh Ketua Umum KONI Letjen TNI (pur) Marciano Norman yang tak sabar dengan penyelenggaraan PON di NTT-NTB pada 2028 mendatang.

Baca juga: Jonas Salean-Alo Sukardan Berpeluang Besar Diusung PAN ke Pilkada Kota Kupang, Ini Alasannya

“Kita rasanya tidak sabar menunggu setelah PON Aceh-Sumatera Utara dan segera mengalihkan pandangan kita ke NTB dan NTT, untuk PON XXII yang akan dilaksanakan nanti,” ungkap Marciano saat Musyawarah Nasional Luar Biasa (Musornaslub) KONI di Jakarta Pusat, 12-13 September 2022 lalu.

Sementara itu, Emi Nomleni dengan pengalaman sebagai legislator selama empat periode di DPRD Provinsi NTT tentunya telah memahami persoalan dan pemecahannya jika menjadi duduk di eksekutif nanti.

Kembali terpilih kelima kalinya sebagai DPRD Provinsi NTT pada pemilihan legislatif Februari 2024, membuktikan masyarakat NTT memang membutuhkan sosok Ketua PDI Perjuangan NTT ini.

Baca juga: Laiskodat Dukung Josef Nae Soi Gubernur NTT, Berpeluang Gandeng Emy Nomleni

Secara politik, kedua figur ini merupakan kader partai yang memiliki basis dan perolehan kursi yang mumpuni untuk menjadi satu koalisi kuat untuk mengusung.

Partai Golkar dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan) sama-sama memperoleh sembilan kursi di pemilihan legislatif 2024. Jumlah kursi kedua partai sudah memenuhi persyaratan 20 persen sebagai pengusung calon Gubernur dan Wakil Gubernur.

Josef Nae Soi yang diwawancarai ExpoNTT.com mengatakan, dirinya menyerahkan semuanya kepada masyarakat NTT jika menginginkan dirinya maju sebagai Gubernur NTT 2024-2029.

Vox populi vox Rei, suara rakyat adalah suara Tuhan. Saya tidak bisa menjawab iya atau tidak, waktu yang akan menjawab,” ungkapnya, Kamis 20 Juni 2024.

Sebagai kader Partai Golkar dirinya mengaku siap jika memang diperintahkan partai maju ke pemilihan Gubernur NTT. “Kalau partai usung? why not. Tapi kalau partai tunjuk saya, rakyat NTT mau tidak?,” tutupnya.♦gor

Baca juga: Jimmy Sianto dapat Pujian dari Josef Nae Soi “Saya Yakin Tim Futsal NTT Bisa Raih Prestasi di PON 2024”