Hajar NTB, Tim Futsal Putra NTT Melaju ke PON 2024

Tim futsal putra NTT bersama penonton merayakan kemenangan melawan NTB di GOR Flobamora, hasil pertandingan ini membawa futsal NTT menuju PON XXI Aceh-Sumut 2024 / foto: Gorby Rumung

EXPONTT.COM, KUPANG – Tim futsal putra Nusa Tenggara Timur (NTT) berhasil memastikan diri menjadi salah satu peserta Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 mendatang usai mengalahkan tim futsal putra Nusa Tenggara Barat (NTB) dalam pertandingan lanjutan kualifikasi grup h cabang olahraga futsal PON XXI yang digelar di Gelanggang Olahraga (GOR) Flobamora Kupang, NTT, Minggu, 5 November 2023.

Tim futsal putra NTT menghajar tim tamu NTB dengan skor telak 11-6.

Sama seperti saat menghadapi tim futsal putraBali, tim Flobamora tampil agresif dengan menerapkan garis pertahanan yang tinggi dengan penjagaan satu lawan satu (man marking).

Baca juga: Berdamai, Pengprov Taekwondo NTT dan Dispora Sepakat Atlet Harus Ikut Kejurnas Antar PPLP

Hasilnya, di babak pertama, NTT berhasil lebih dahulu unggul dengan skor 5-1.

Merespon ketertinggalan, NTB mencoba bermain lebih terbuka dengan menerapkan foreplay atau tanpa kiper di babak kedua. Hal itu membuat tim anak-anak NTT tepaksa bermain lebih bersabar dan menunggu.

Alih-alih menambah keunggulan, NTB malah kebobolan lebih banyak lagi, meski begitu, NTB berhasil menyarangkan 5 tambahan di babak kedua.

Baca juga: Buku Membongkar Pikiran Ganjar Dikaji di Universitas Yale Amerika Serikat

Dengan kemenangan ini tim futsal putra NTT berhak melaju ke PON Aceh-Sumut 2024 bersanding dengan tim sepakbola putra NTT yang sudah lebih dahulu memastikan diri lolos ke PON XXI Aceh-Sumut 2024.

Ketua AFP NTT, Jimmy Sianto, menyebut tim futsal NTT istimewa karena telah membawa nama futsal NTT ke PON 2024.

Dirinya juga mengucapkan terimas kasih kepada Pemporv NTT, KONI NTT, Asprov PSSI NTT dan semua masyarakat yang telah mendukung tim futsal NTT serta Afkab dan Afkot.

Baca juga: Kaum Bapak Talitakumi Pasir Panjang Kota Kupang Kembali Gelar Donor Darah dan Pemeriksaan Kesehatan Gratis

“Ini merupakan impian kita bersama dimana sepakbola lolos PON, futsal juga lolos PON,” ungkapnya.

Dirinya mengatakan, segera melaporkan secara resmi lolosnya tim futsal putra NTT ke PON untuk segera melaksnakan pemusatan latihan persiapan PON yang akan berlangsung tahun 2024 mendatang.

Sementara itu, Ketua Asosiasi Sepakbola NTT (Asprov) NTT, Chris Mboeik, mengapresiasi ketua AFP NTT yang telah membawa futsal NTT ke PON meski dalam keadaan yang sulit.

Baca juga: Fraksi Partai Gerindra Desak Pemda NTT Penyelesaian Ganti Rugi Tumpahan Minyak Montara Senilai Rp 2,2 Triliun

“Anggaran terbatas tapi kita mampu. Ini era kebangkitan sepakbola dan futsal NTT hari ini,” ungkapnya.

Dirinya menegaskan akan tetap berkomitmen mendukung AFP NTT untuk persiapan memghadapi PON 2024. “Karena tantangan di Aceh dan Sumut lebih besar,” pungkasnya.♦gor

Baca juga: Jadi Saksi Ahli di Praperadilan Marthen Konay, Mikael Feka: Ada Tidaknya SPDP Tak Gugurkan Penyidikan